Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal pembahasan Perintah di Scratch

Berikut adalah 20 soal pilihan ganda tentang perintah di Scratch beserta pembahasan dan penjelasannya:






Soal 1:

Perintah yang digunakan untuk membuat sprite bergerak ke koordinat x: 100 dan y: 200 adalah...

A. go to x: 100 y: 200

B. move to x: 100 y: 200

C. glide to x: 100 y: 200

D. jump to x: 100 y: 200


Pembahasan: Jawaban yang benar adalah C. glide to x: 100 y: 200. Perintah ini digunakan untuk membuat sprite bergerak secara mulus ke koordinat yang ditentukan.


Soal 2:

Perintah yang digunakan untuk mengubah arah sudut sprite menjadi 90 derajat adalah...

A. turn right 90 degrees

B. turn left 90 degrees

C. set rotation to 90 degrees

D. point in direction 90 degrees


Pembahasan: Jawaban yang benar adalah D. point in direction 90 degrees. Perintah ini mengubah arah sudut sprite sesuai dengan sudut yang ditentukan.


Soal 3:

Perintah yang digunakan untuk menghentikan program di Scratch adalah...

A. stop

B. end

C. break

D. stop all


Pembahasan: Jawaban yang benar adalah D. stop all. Perintah ini menghentikan semua aktivitas yang terjadi di program Scratch.


Soal 4:

Perintah yang digunakan untuk mengulang suatu blok perintah sebanyak 10 kali adalah...

A. repeat 10 times

B. loop 10 times

C. do 10 times

D. repeat until 10


Pembahasan: Jawaban yang benar adalah A. repeat 10 times. Perintah ini mengulang blok perintah di dalamnya sebanyak 10 kali.


Soal 5:

Perintah yang digunakan untuk menunggu selama 2 detik sebelum melanjutkan program adalah...

A. wait 2 seconds

B. pause for 2 seconds

C. delay 2 seconds

D. sleep for 2 seconds


Pembahasan: Jawaban yang benar adalah A. wait 2 seconds. Perintah ini membuat program menunggu selama waktu yang ditentukan sebelum melanjutkan.


Soal 6:

Perintah yang digunakan untuk mengubah ukuran sprite menjadi dua kali lipat adalah...

A. double size

B. grow twice

C. set size to 200%

D. enlarge sprite


Pembahasan: Jawaban yang benar adalah C. set size to 200%. Perintah ini mengubah ukuran sprite menjadi dua kali lipat dari ukuran aslinya.


Soal 7:

Perintah yang digunakan untuk memutar sprite sebanyak 180 derajat adalah...

A. rotate 180 degrees

B. turn 180 degrees

C. set rotation to 180 degrees

D. point in direction 180 degrees


Pembahasan: Jawaban yang benar adalah C. set rotation to 180 degrees. Perintah ini memutar sprite sebanyak 180 derajat.


Soal 8:

Perintah yang digunakan untuk mendapatkan input dari pengguna dalam Scratch adalah...

A. get user input

B. ask user

C. input from user

D. set user input


Pembahasan: Jawaban yang benar adalah B. ask user. Perintah ini digunakan untuk meminta input dari pengguna.


Soal 9:

Perintah yang digunakan untuk mengubah latar belakang menjadi gambar yang diunggah adalah...

A. set background image

B. change background image

C. switch to background image

D. set background to image


Pembahasan: Jawaban yang benar adalah D. set background to image. Perintah ini mengubah latar belakang menjadi gambar yang telah diunggah.


Soal 10:

Perintah yang digunakan untuk menjalankan suara dalam Scratch adalah...

A. play sound

B. start sound

C. sound on

D. play audio


Pembahasan: Jawaban yang benar adalah A. play sound. Perintah ini digunakan untuk memutar suara yang telah ditambahkan ke proyek Scratch.


Soal 11:

Perintah yang digunakan untuk mengatur kecepatan sprite adalah...

A. set speed to

B. change speed by

C. adjust speed to

D. speed up


Pembahasan: Jawaban yang benar adalah A. set speed to. Perintah ini mengatur kecepatan sprite menjadi nilai yang ditentukan.


Soal 12:

Perintah yang digunakan untuk menyembunyikan sprite adalah...

A. hide

B. remove

C. delete

D. clear


Pembahasan: Jawaban yang benar adalah A. hide. Perintah ini menyembunyikan sprite dari tampilan.


Soal 13:

Perintah yang digunakan untuk mengubah warna sprite menjadi merah adalah...

A. set color to red

B. change color to red

C. switch color to red

D. color sprite red


Pembahasan: Jawaban yang benar adalah A. set color to red. Perintah ini mengubah warna sprite menjadi merah.


Soal 14:

Perintah yang digunakan untuk memeriksa apakah dua sprite saling bersentuhan adalah...

A. touching sprite

B. collide with sprite

C. hit sprite

D. touch sprite


Pembahasan: Jawaban yang benar adalah A. touching sprite. Perintah ini memeriksa apakah dua sprite saling bersentuhan.


Soal 15:

Perintah yang digunakan untuk memutar sprite sejalan dengan arah geraknya adalah...

A. rotate with direction

B. spin with motion

C. turn with motion

D. twist with direction


Pembahasan: Jawaban yang benar adalah C. turn with motion. Perintah ini membuat sprite memutar sejalan dengan arah geraknya.


Soal 16:

Perintah yang digunakan untuk mengatur jangkauan gerakan sprite dalam sebuah batasan adalah...

A. set boundary

B. limit motion

C. restrict movement

D. set edge


Pembahasan: Jawaban yang benar adalah D. set edge. Perintah ini mengatur jangkauan gerakan sprite dalam batasan yang ditentukan.


Soal 17:

Perintah yang digunakan untuk memeriksa apakah kondisi tertentu terpenuhi adalah...

A. check condition

B. evaluate condition

C. test condition

D. if condition


Pembahasan: Jawaban yang benar adalah D. if condition. Perintah ini digunakan untuk memeriksa apakah kondisi tertentu terpenuhi sebelum menjalankan blok perintah tertentu.


Soal 18:

Perintah yang digunakan untuk memberikan nilai acak antara 1 hingga 10 adalah...

A. random from 1 to 10

B. pick random number from 1 to 10

C. choose random value between 1 and 10

D. generate random number between 1 and 10


Pembahasan: Jawaban yang benar adalah A. random from 1 to 10. Perintah ini memberikan nilai acak antara 1 hingga 10.


Soal 19:

Perintah yang digunakan untuk menghentikan suara yang sedang diputar adalah...

A. stop sound

B. end sound

C. pause sound

D. mute sound


Pembahasan: Jawaban yang benar adalah A. stop sound. Perintah ini menghentikan suara yang sedang diputar.


Soal 20:

Perintah yang digunakan untuk menyimpan data dalam variabel adalah...

A. save data to variable

B. store data in variable

C. set data as variable

D. assign data to variable


Pembahasan: Jawaban yang benar adalah D. assign data to variable. Perintah ini digunakan untuk menyimpan data dalam variabel.


Semoga soal pilihan ganda ini bermanfaat bagi Anda dalam memahami perintah di Scratch!

Posting Komentar untuk "Soal pembahasan Perintah di Scratch"