Kizi-Kizi Soal Ujian Try Out Informatika kelas 9 Semester Genap Kurikulum Merdeka
Selamat pagi, siswa-siswi sekalian.
Dengan penuh semangat saya menyambut kalian semua dalam pembelajaran Algoritma dan Pemrograman untuk kelas 9. Hari ini, kita akan memulai perjalanan yang menarik dalam dunia berpikir logis, pemecahan masalah, dan ilmu komputer.
Sebagai bagian dari proses pembelajaran ini, kita akan mempelajari beberapa kizi-kizi soal yang akan menjadi pedoman penting serta acuan dalam memahami setiap topik. Kizi-kizi ini disusun untuk membantu kalian memahami materi dengan lebih jelas dan mendalam, sekaligus menjadi bahan belajar tambahan guna memperluas pengetahuan kalian.
Melalui soal ini, saya berharap kalian dapat memperoleh wawasan baru, memperkuat pemahaman, dan membangun dasar yang kuat dalam berpikir algoritmik dan keterampilan pemrograman. Pembelajaran ini bukan sekadar teori, tetapi merupakan bekal yang bisa kalian terapkan dalam kehidupan nyata dan bahkan dalam menciptakan inovasi di masa depan.
Mari kita hadapi setiap materi dengan rasa ingin tahu dan semangat belajar yang tinggi. Saya mengajak kalian semua untuk aktif bertanya, berdiskusi, dan saling mendukung dalam proses pembelajaran ini.
Selamat belajar, semoga sukses dan menyenangkan!
1. Sistem bilangan apa yang digunakan sebagai
dasar dari semua sistem bilangan berbasis digital.?
A)
Desimal
B)
Biner
C)
Oktal
D) Heksadesimal
2. Apa yang dimaksud dengan konversi sistem
bilangan.?
A)
Proses mengubah nilai bilangan menjadi bentuk yang lebih
sederhana.
B)
Proses mengubah basis bilangan satu ke basis bilangan
lain dengan nilai yang sama.
C)
Proses mengubah bilangan menjadi teks.
D)
Proses mengubah bilangan menjadi simbol.
3. Apa
yang dimaksud dengan 'bit' dalam konteks sistem bilangan.?
A)
Singkatan dari 'binary digit', yaitu lambang 0 dan 1
dalam sistem bilangan biner.
B)
Singkatan dari 'binary information transfer', yaitu proses
transfer data dalam sistem biner.
C)
Singkatan dari 'binary instruction', yaitu instruksi yang
digunakan dalam sistem biner.
D)
Singkatan dari 'binary language', yaitu bahasa yang digunakan
dalam sistem biner.
4. Siapa yang menemukan sistem bilangan biner
modern.?
A)
Charles Babbage
B)
Alan Turing
C)
Gottfried Wilhelm Leibniz
D)
Blaise Pascal
5. Dalam konversi bilangan desimal ke biner, apa
yang dilakukan setelah membagi bilangan desimal dengan 2.?
A)
Mencatat hasil bagi dan sisa pembagian.
B)
Menambahkan hasil bagi dan sisa pembagian.
C)
Mengalikan hasil bagi dan sisa pembagian.
D)
Membagi hasil bagi dan sisa pembagian dengan 2 lagi.
6. Apa contoh peralatan input output yang disebutkan
dalam teks?
A)
Monitor, printer, dan keyboard
B)
Mouse, scanner, dan webcam
C)
Speaker, mikrofon, dan headphone
D)
WCPU, RAM, dan hard drive
7. Apa perbedaan utama antara Scratch dan Blockly
dalam hal fitur?
A)
Blockly memiliki lebih banyak fitur dasar dibandingkan
dengan Scratch
B)
Scratch memiliki lebih banyak fitur dasar dibandingkan dengan
Blockly.
C)
Scratch dan Blockly memiliki fitur yang sama.
D)
Scratch dan Blockly memiliki fitur yang berbeda, tetapi keduanya
sama canggihnya.
8. Apa contoh algoritma sederhana dalam
perhitungan algoritma?
A)
Cara menghitung nilai y dari persamaan y = 3x + 8
B)
Cara membuat program komputer
C)
Cara merancang website
D)
Cara mengoperasikan mesin cuci
9. Dalam konversi bilangan desimal ke
heksadesimal, apa yang terjadi jika sisa pembagian lebih besar dari 9.?
A)
Sisa pembagian diubah menjadi angka 0-9.
B)
Sisa pembagian diubah menjadi huruf A-F.
C)
Sisa pembagian dibulatkan ke angka terdekat.
D)
Sisa pembagian diabaikan.
10. Jika data biner 1101011 menggunakan
parity bit genap, maka parity bit yang harus ditambahkan adalah...
A)
0
B)
1
C)
10
D)
11
11. Jika data biner 1001101 menggunakan
parity bit ganjil, maka parity bit yang harus ditambahkan adalah...
A)
0
B)
1
C)
10
D)
11
12. Apa yang dimaksud dengan 'tabel konversi'
dalam konversi sistem bilangan.?
A)
Daftar symbol yang digunakan dalam system bilangan
B)
Daftar rumus untuk
menghitung nilai bilangan
C)
Daftar nilai
ekivalen antara system bilangan
D)
Daftar kode yang digunakan
dalam program computer.
13. Apa tujuan utama dari aplikasi Scratch?
A.
Untuk membuat aplikasi web yang kompleks.
B.
Untuk membantu pemula memahami dasar-dasar pemrograman.
C.
Untuk membuat program yang rumit untuk bisnis.
D.
Untuk membuat perangkat keras khusus.
14. Perhatikan pin-poin bilangan di bawah ini!
1)
Bilangan biner
2)
Bilangan desimal
3)
Bilangan bulat
4)
Bilangan oktal
Dari poin di atas yang termasuk
macam-macam sistem bilangan adalah .....
A)
1, 3 dan 2
B)
1,3 dan 5
C)
1,2 dan 4
D)
2,4 dan 5
15. Siapa yang mengembangkan framework pemrograman visual Blockly.?
A)
Media Lab
B)
Google
C. Microsoft
D. Apple
16. Jika data biner 1001101 menggunakan parity bit ganjil, maka parity bit yang harus ditambahkan adalah...
A)
0
B)
1
C)
10
D) 11
17. Data biner 1010101 memiliki 4 bit '1'. Jika menggunakan parity bit ganjil, maka hasil akhirnya adalah...
A.
10101010
B.
10101011
C.
10101001
D. 10101000
18. Data biner 1110001 memiliki 4 bit '1'. Jika menggunakan parity bit genap, maka hasil akhirnya adalah...
A.
11100011
B.
11100010
C.
11100001
D. 11100000
19. Jika data 1100110 dikirim dengan parity bit genap dan diterima sebagai 11001101, maka kemungkinan terjadi...
A)
Kesalahan dalam transmisi
B)
Data dikirim
dengan benar
C)
Parity bit salah ditambahkan
D)
Tidak ada perubahan dalam data
20. Apa tujuan utama dari Blockly.?
A)
Untuk
membuat aplikasi web yang kompleks.
B)
Untuk membuat
animasi dan permainan sederhana.
C)
Untuk
membantu pemula memahami konsep pemrograman.
D)
Untuk membuat perangkat keras khusus.
21. Apa yang dimaksud dengan "lingkungan
pemrograman visual". ?
A)
Sebuah
program yang menggunakan kode teks untuk membuat aplikasi.
B)
Sebuah
program yang menggunakan blok-blok grafis untuk membuat aplikasi.
C)
Sebuah
program yang hanya dapat digunakan untuk membuat animasi.
D)
Sebuah program yang hanya dapat digunakan untuk membuat permainan.
22. Apa yang membuat Scratch lebih cocok untuk
digunakan di kelas dari pada Blockly.?
A)
Scratch
lebih mudah dipelajari dan digunakan.
B)
Scratch lebih
cocok untuk membuat aplikasi web.
C)
Scratch lebih
cocok untuk membuat perangkat keras.
D)
Scratch lebih cocok untuk lingkungan bisnis.
23. Apa yang membuat Scratch lebih mudah dipelajari
dari pada Blockly.?
A)
Scratch menggunakan
blok-blok grafis yang lebih sederhana.
B)
Scratch
dirancang khusus untuk pemula.
C)
Scratch
memiliki lebih banyak fitur daripada Blockly.
D)
Scratch lebih cocok untuk membuat animasi.
24. Apa yang dimaksud dengan "multi
media" dalam konteks penggunaan Scratch.?
A)
Scratch dapat digunakan untuk membuat animasi,
permainan, dan video.
B)
Scratch dapat digunakan untuk membuat aplikasi web.
C)
Scratch dapat digunakan untuk membuat perangkat keras.
D)
Scratch dapat digunakan untuk membuat program yang rumit.
25. Apa yang dimaksud dengan "framework"
dalam konteks Blockly.?
A)
Sebuah program yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi web.
B)
Sebuah program yang dapat digunakan untuk membuat animasi.
C)
Sebuah program yang dapat digunakan untuk membuat perangkat keras.
D)
Sebuah program yang menyediakan dasar untuk membangun
program lain.
26. Parity bit digunakan dalam sistem komunikasi untuk...
A.
Mempercepat pengiriman data
B.
Memeriksa kesalahan dalam transmisi
C.
Mengubah format data biner
D. Mengurangi ukuran data
27. Jika data 1001110 dikirim dengan parity bit genap, maka hasil akhirnya adalah...
A)
10011100
B)
10011101
C)
10011110
D) 10011111
28. Jika data 1011001 dikirim dengan parity bit ganjil, maka hasil akhirnya adalah...
A)
10110010
B) 10110001
C)
10110011
D) 10110000
29. Jika data biner 1111000 memiliki 4 bit '1', dan ingin menggunakan parity bit genap, maka parity bit yang ditambahkan adalah...
A)
0
B)
1
C)
10
D) 11
30. Jika data biner 1100111 memiliki 5 bit '1', dan ingin menggunakan parity bit ganjil, maka parity bit yang ditambahkan adalah...
A)
0
B)
1
C)
10
D) 11
31. Jika data 1100001 memiliki 3 bit '1', dan ingin menggunakan parity bit genap, maka parity bit yang ditambahkan adalah...
A)
0
B)
1
C)
10
D) 11
32. Data 1111110 memiliki 6 bit '1'. Jika menggunakan parity bit genap, maka hasil akhirnya adalah...
A)
11111101
B)
11111100
C) 11111111
D) 11111110
33. Apa yang menjadi tujuan utama dari konversi
sistem bilangan.?
A)
Memudahkan
perhitungan matematika.
B)
Mempermudah
penyimpanan data dalam komputer.
C)
Mempermudah
komunikasi antar komputer.
D)
Mempermudah pemahaman tentang sistem bilangan.
34. Bilangan desimal 5010=…2,
jika dikonversi ke dalam sistem bilangan biner adalah .....
A)
110100₂
B)
110010₂
C)
101010₂
D)
100110₂
35. Bilangan desimal 7010=…8,
jika dikonversi ke dalam sistem bilangan oktal adalah...
A)
104₈
B)
106₈
C)
107₈
D)
110₈
36. Bilangan desimal 18510=…..16,
jika dikonversi ke dalam sistem bilangan heksadesimal adalah...
A.
A9₁₆
B.
B8₁₆
C.
B9₁₆
D.
C1₁₆
37. Bilangan oktal 245₈ jika dikonversi ke
dalam sistem bilangan biner adalah...
A)
10011001₂
B)
10100101₂
C)
11010010₂
D)
10010110₂
38. Suatu urutan dari beberapa Langkah logis dan
sistematis yang digunakan untuk menyelesaikan masalah tertentu disebut .....
A)
Logaritma
B)
Algoritma
C)
Urutan logis dalam masalah
D)
Flowchart algoritma.
39. Apa pengertian dari scratch ?
A)
Untuk membuat animasi, permainan sederhana dan interaksi media.
B)
Lingkungan pemograman visual yang didesain oleh media
lab untuk pemula memahamikonsep dasar pemrograman.
C)
Pada scratch sama dengan blokly yang belum diperbanyak oleh
scratch.
D)
Pemograman dalam lingkungan merupakan program visual.
40. Apa yang membedakan Scratch dari Blockly.?
A)
Scratch lebih
cocok untuk lingkungan bisnis, sedangkan Blockly lebih cocok untuk pendidikan.
B)
Scratch
difokuskan pada pembuatan animasi dan permainan sederhana, sedangkan Blockly
lebih cocok untuk proyek-proyek yang lebih besar.
C)
Scratch dan
Blockly memiliki fungsi yang sama.
D)
Scratch lebih mudah digunakan daripada Blockly.
42. Manakah dari pernyataan berikut yang BENAR
tentang Scratch.?
A)
Scratch tidak
dapat digunakan untuk membuat animasi.
B)
Scratch
adalah bahasa pemrograman yang sangat sulit dipelajari.
C)
Scratch
dirancang untuk membantu pemula memahami konsep pemrograman.
D)
Scratch hanya dapat digunakan untuk membuat web sederhana.
43. Berapakah hasil 110011012=…….8
dari konversi bilangan biner ke oktal (lihat table konverter)
A)
513.
B)
135.
C)
315.
D)
305.
44. Apa yang dimaksud dengan 'sequential' dalam
algoritma pemrograman?
A)
Urutan proses yang akan dilakukan secara berurutan
B)
Menulis kode program yang sama berulang kali
C)
Membuat program lebih kompleks
D)
Menjalankan program secara berulang
45. Apa contoh produk yang dapat dibuat dengan
Scratch dan Blockly?
A)
Scratch dan Blockly dapat digunakan untuk membuat
berbagai produk, seperti cerita, komik, permainan, dan animasi.
B)
suatu blok kode untuk dijalankan, seperti ketika tombol mouse
diklik.
C)
Peretas mulai menggunakan botnet untuk mengendalikan komputer
lain.
D)
Menggunakan ransomware untuk mengenkripsi file.
46. Manakah fungsi dari algoritma.?
A)
Mengatasi permasalahan rumit dalam program
B)
Meminimalisir penulisan program yang bisa di edit.
C)
Mampu mengatasi permasalahan sehari-hari.
D)
Mudah mencari kesalahan dan memperbaiki diri sendiri.
47. Berapakah hasil dari 101002=………16
jika di konversi biner ke heksadesimal (lihat table konversi)?
A)
14.
B)
15.
C)
16.
D)
17.
48. Apa yang dimaksud dengan 'pseudo-code' dalam
konteks algoritma?
A)
Kode program yang ditulis dalam bahasa pemrograman
B)
Kode dalam bentuk bahasa skrip yang digunakan untuk
menggambarkan algoritma
C) Diagram flowchart yang menunjukkan alur algoritma
D) Bahasa pemrograman yang digunakan untuk menulis program.
49. Berapa hasil dari 1458=…..2
jika dikonversi dari bilangan oktal ke biner (lihat tabel konversi)?
A)
0011001.
B)
001100101.
C)
11100100.
D)
000111000.
50. Penyajian algoritma dapat dilakukn dalam
bentuk?
A)
Tulisan dan gambar
B)
Gambar dan flowchart
C)
Pseudocode dan program
D)
Enkripsi tidak kompatibel dengan protokol
51. Berapa
hasil dari 462=……16 jika dikonversi bilangan oktal
ke heksadesimal (lihat tabel konversi)?
A)
63.
B)
26.
C)
64.
D)
65.
A)
513.
B)
135.
C) 315.
D) 305.
53. 101002=………16
A)
14.
B)
15.
C)
16.
D)
17.
54. 1458=…..2
A)
0011001.
B)
001100101.
C)
11100100.
D)
000111000.
55. 462=……16
A)
63.
B)
26.
C)
64.
D)
65.
Demikian kizi-kizinya semoga hasil belajarnya sukses.
Posting Komentar untuk "Kizi-Kizi Soal Ujian Try Out Informatika kelas 9 Semester Genap Kurikulum Merdeka"
Jangan nge spam yah