Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

50 Soal dan Kunci Jawaban infomatika Kelas 8 SMP Ulangan Atau Ujian Akhir Semester Genap Kurikulum Merdeka

 

Terdapat 50 soal Ulangan Informatika Kelas 8 kurikulum merdeka yang dikumpulkan untuk bahan belajar seperti buku dan lembar kerja siswa (LKS) untuk Menghadapai Ujian Akhir semester.

Soal dan jawaban pada setiap pertayaan yang ada serta kunci jawababan yang ada.

Semkin banyak kamu belajar dan menjawab dengan benar dalam setiap pertayaan yang menunjukan bahwa penguasa materi yang baik.

Jika kamu mengalami kesulitan mintalah guru membantu kamu dalam kesulitan yang kamu rasa belum memahami dalam menjawab setiap soal yang kamu rasa sulit dalam menjawab pertayaan/

Berikut adalah jawaban dan penjelasan untuk soal-soal yang diberikan:

### Soal 11

**Dari pernyataan tersebut yang termasuk fungsi pencarian data menggunakan lookup adalah:**

A. (B) dan (C) 

B. (B), (C), dan (C) 

C. (A), (C), dan (D) 

D. (A) dan (D) 

**Jawaban:** A. (B) dan (C) 

**Penjelasan:**

- **(A) XLOOKUP:** Benar, fungsi baru di Excel untuk pencarian data.

- **(B) VLOOKUP:** Benar, fungsi untuk pencarian data secara vertikal.

- **(C) HLOOKUP:** Benar, fungsi untuk pencarian data secara horizontal.

- **(D) SLOOKUP:** Salah, tidak ada fungsi bernama SLOOKUP.

### Soal 12

**Dari pernyataan tools CODE scratch diatas manakah yang benar adalah:**

A. 1, 2, dan 3 

B. 1, 2, dan 4 

C. 3, 2, dan 4 

D. 4, 1, dan 3 

**Jawaban:** B. 1, 2, dan 4 

**Penjelasan:**

- **Motion (1), Looks (2), dan Variable (4):** Benar, merupakan bagian dari tools CODE Scratch.

- **Custome (3):** Salah, seharusnya Costume, tapi tetap tidak termasuk dalam tools CODE.

### Soal 13

**Komponen-Komponen dari fungsi COUNTIFS adalah:**

A. 1 dan 3 

B. 2 dan 4 

C. 1, 2, dan 3 

D. 2, 3, dan 4 

**Jawaban:** D. 2, 3, dan 4 

**Penjelasan:**

- **Criteria_range1 (3), Criteria1 (4), Criteria_range2 (2), Criteria2 (1):** Benar, ini adalah komponen dari fungsi COUNTIFS.

 ### Soal 14

**Fungsi dari SCRIP BLOK di bawah adalah:**

A. Mengulangi blok di dalam hingga kondisi benar 

B. Menjalankan script secara terus menerus 

C. Menunggu selama beberapa detik sebelum melanjutkan ke blok berikutnya 

D. Menghentikan semua script yang berada di semua sprite 

**Jawaban:** C. Menunggu selama beberapa detik sebelum melanjutkan ke blok berikutnya 

**Penjelasan:**

- **Script blok ini digunakan untuk menunggu beberapa detik sebelum melanjutkan eksekusi blok berikutnya.**

### Soal 15

**Berbagai prosedur standar dalam mengoperasikan data angka ke dalam lembar kerja yang dikenal sebagai:**

A. Ebook 

B. Sumber Array 

C. Workbook 

D. Rangebook 

E. Databook 

**Jawaban:** C. Workbook 

**Penjelasan:**

- **Workbook:** Benar, merupakan file Excel yang berisi lembar kerja.

### Soal 16

**Arti dari kode script di bawah adalah:**

A. Menunggu selama waktu (detik) yang telah ditentukan kemudian berlanjut ke blok selanjutnya 

B. Menjalankan script dalam blok secara berulang-ulang dalam waktu (detik) 

C. Apabila kondisinya benar maka blok akan berjalan dalam waktu detik 

D. Apabila blok tidak berjalan maka if tidak akan berjalan dalam waktu detik 

**Jawaban:** A. Menunggu selama waktu (detik) yang telah ditentukan kemudian berlanjut ke blok selanjutnya 

**Penjelasan:**

- **Menunggu sejumlah waktu sebelum melanjutkan ke blok berikutnya.**

### Soal 17

**Bentuk umum (sintaks) dari fungsi INDEX yang benar adalah:**

A. =INDEX(array,row_num,[column_num]) 

B. =INDEX(array,row_num,lookup_value,{column_num}) 

C. =index({column_num],array,row_nim) 

D. =Index(table_array,array,row_num[culumn_num]) 

**Jawaban:** A. =INDEX(array,row_num,[column_num]) 

**Penjelasan:**

- **Sintaks yang benar adalah dengan argumen array, row_num, dan optional column_num.**

### Soal 18

**Salah satu contoh visual programming adalah:**

A. Pascal 

B. Java 

C. Blocky / Scratch 

D. Phyton 

**Jawaban:** C. Blocky / Scratch 

**Penjelasan:**

- **Blocky / Scratch:** Benar, adalah contoh dari visual programming.

### Soal 19

**Fungsi COUNTIFS pada MS Excel termasuk ke dalam golongan fungsi:**

A. Teks (text function) 

B. Tanggal dan waktu (date and time) 

C. Matematika dan trigonometri (math and trigonometry function) 

D. Statik (statistical function) 

**Jawaban:** D. Statik (statistical function) 

**Penjelasan:**

- **COUNTIFS termasuk dalam fungsi statistik.**

### Soal 20

**Script blok di atas digunakan untuk:**

A. Mengulangi blok di dalamnya hingga kondisi yang diberikan benar 

B. Menghentikan semua script 

C. Menjalankan blok di dalamnya jika kondisi salah 

D. Menunggu selama beberapa detik 

**Jawaban:** A. Mengulangi blok di dalamnya hingga kondisi yang diberikan benar 

**Penjelasan:**

- **Script blok ini digunakan untuk mengulangi blok hingga kondisi yang diberikan benar.**

### Soal 21

**Pada visualisasi data, data yang disusun dalam bentuk tabel data ditampilkan dalam bentuk:**

A. Screenshoot 

B. Get-in-add 

C. Chart 

D. Picture 

**Jawaban:** C. Chart 

**Penjelasan:**

- **Chart:** Benar, digunakan untuk memvisualisasikan data dari tabel ke bentuk grafik.

### Soal 22

**Pada Blocky Bird pemain belajar tentang:**

A. Pembuatan animasi sederhana 

B. Pengenalan bentuk-bentuk blocky 

C. Looping dan kondisi sederhana 

D. Titik koordinat dan logika berpikir 

**Jawaban:** C. Looping dan kondisi sederhana 

**Penjelasan:**

- **Blocky Bird:** Mengajarkan looping dan kondisi sederhana dalam pemrograman.

### Soal 23

**Adapun tujuan visualisasi data yaitu menyampaikan informasi secara ringkas dan jelas sehingga mudah dipahami oleh:**

A. Ctriteria 

B. Audiens 

C. Kolektor 

D. Para pakar 

**Jawaban:** B. Audiens 

**Penjelasan:**

- **Audiens:** Benar, tujuan visualisasi data adalah agar informasi mudah dipahami oleh audiens.

### Soal 24

**Fungsi yang digunakan untuk mencari nilai tertentu dalam range data kemudian mengembalikan posisi relatif nilai tersebut dalam bentuk angka adalah:**

A. LOOKUP 

B. INDEX 

C. CHOOSE 

D. MATCH 

**Jawaban:** D. MATCH 

**Penjelasan:**

- **MATCH:** Benar, digunakan untuk mengembalikan posisi relatif nilai dalam bentuk angka.

### Soal 25

**Berdasarkan variabel dalam pemrograman pada dasarnya memiliki tipe data dengan tujuan yaitu:**

A. Memperkenalkan hitungan-hitungan matematika untuk membuat animasi 

B. Menentukan nilai seperti apa yang dapat disimpan oleh variabel tersebut 

C. Menyimpan nilai berupa ulangan 

D. Menggunakan blok-blok yang didrag-drag dan drop 

**Jawaban:** B. Menentukan nilai seperti apa yang dapat disimpan oleh variabel tersebut 

**Penjelasan:**

- **Menentukan nilai:** Tujuan utama tipe data dalam pemrograman adalah menentukan jenis nilai yang dapat disimpan oleh variabel.

### Soal 26

**Salah satu fungsi spreadsheet yang digunakan untuk menghasilkan nilai dari elemen pada tabel atau array berdasarkan nomor indeks baris dan kolom adalah:**

A. AVERAGE 

B. SUMIF 

C. INDEX 

D. COUNTIFS 

**Jawaban:** C. INDEX 

**Penjelasan:**

- **INDEX:** Benar, digunakan untuk mengembalikan nilai dari elemen berdasarkan nomor indeks baris dan kolom.

### Soal 27

**Berdasarkan pernyataan di atas, belajar membuat kode dan memprogram komputer dapat membantu mengembangkan komponen yang ditujukan pada nomor:**

A. 1, 2, 3, dan 4 

B. 1, 2, 3, dan 1 

C. 1 dan 3 

D. 2, 3, 4, dan 2 

**Jawaban:** A. 1, 2, 3, dan 4 

**Penjelasan:**

- **Pemikiran logis (1), Latihan mengulangi perintah (2), Kemampuan memecahkan masalah (3), dan Berpola konsumtif (4):** Semua adalah aspek yang dapat dikembangkan dengan belajar membuat kode dan memprogram komputer.

### Soal 28

**Fungsi REFERENCE digunakan untuk:**

A. Menghitung rata-rata data dalam satu kolom 

B. Menunjukkan posisi data dalam suatu range dataset 

C. Mengurutkan data secara alfabetis 

D. Menghapus data duplikat 

**Jawaban:** B. Menunjukkan posisi data dalam suatu range dataset 

**Penjelasan:**

- **REFERENCE:** Digunakan untuk menunjukkan posisi data dalam suatu range dataset.

### Soal 29

Manakah sintaks yang benar untuk fungsi INDEX dalam bentuk array …

A.    =INDEX(array,row_num,[column_num])

B.     =INDEX(reference:row_num[column_num]:[area_num])

C.     =INDEX(reference:rows_num:[column_num:area_num

D.    =INDEX(index_num,value1,value2[value3])

      **Jawaban: A. =INDEX(array, nomor_baris, [nomor_kolom])** 

    **Penjelasan:** 

    - **Opsi A:** Ini adalah sintaks yang benar untuk fungsi INDEX dalam bentuk array. `array` adalah rentang data atau array yang ingin Anda cari nilainya, `nomor_baris` adalah nomor baris dari elemen yang ingin Anda kembalikan, dan `[nomor_kolom]` (opsional) adalah nomor kolom dari elemen yang ingin Anda kembalikan.

### Soal 30

 Dari tulisan blok code blok yang perintah when tombol Go Clicked terdapat pada blok menu ....

A.    A. Move dan Looks                                             C. Move dan Sensing

B.   B.  Event                                                               D. Control 

**Jawaban: B. Event** 

**Penjelasan:** 

- Blok perintah "When Go clicked" terdapat pada blok menu Event.

### Soal 31

 Fungsi INDEX berbeda dengan fungsi LOOKUP Karena ...

A.  INDEX hanya bisa mencari nilai data secara vertical.

B.   INDEX hanya bisa mencari data horizontal.

C.   INDEX bisa mencari data secara vertikal dan horizontal

D.  INDEX tidak membutuhkan nomor kolom

**Jawaban: C. INDEX bisa mencari data secara vertikal dan horizontal** 

**Penjelasan:** 

- Fungsi INDEX memungkinkan pencarian data baik secara vertikal maupun horizontal, sementara fungsi LOOKUP lebih umumnya hanya untuk pencarian data dalam satu arah (biasanya vertikal). 

### Soal 32

    Inti Dari Pemahaman Modern Terhadap Informasi, Proses Ini Melibatkan Pengumpulan, Penyusunan, Penafsiran Dan Ekstraksi Makna Dari Sejumlah Data Yang Dimiliki Dan Untuk Wawasan Yang Bernilai, Ini adalah Pengertian Dari .…

A.   Analisis data                                                   C. Makna analisis data

B.   Tujuan analisis data                                        D. Data saja

**Jawaban: A. Analisis data** 

**Penjelasan:** 

- Pernyataan tersebut menggambarkan proses analisis data, yang melibatkan pengumpulan, penyusunan, penafsiran, dan ekstraksi makna dari data untuk mendapatkan wawasan yang berharga..

### Soal 33

 Berikut ini yang termasuk pencarian data dengan fungsi reference yang menunjukkan posisi data dalam suatu range adalah....

A. SUMIFS dan COUNTIF                                              

B. CHOOSE, MATCH dan INDEX                  

C. HLOOKUP dan VLOOKUP                                         

D. BAR CHART dan COLUMN CHART 

**Jawaban:** B. CHOOSE, MATCH dan INDEX 

**Penjelasan:** Fungsi-fungsi seperti CHOOSE, MATCH, dan INDEX digunakan untuk merujuk atau menentukan posisi data dalam suatu rentang data atau array. 

### Soal 34

Jenis-jenis CHART yang umum digunakan untuk menyajikan dan mendistribusikan data (umum) dalam penyajian adalah....

A. Bar chart                                                                        

B. Pie chart                                                                        

C. Line chart dan Column chart  

D. Scatter plot 

**Jawaban:** C. Line chart dan Column chart 

**Penjelasan:** Line chart dan Column chart merupakan jenis-jenis grafik yang umum digunakan untuk menyajikan dan mendistribusikan data.

### Soal 35

Perhatikan Ilustrasi berikut!

Ketika Danu membeli mie goreng, lalu Danu mengolah mie tersebut pertama kali ia menyalakan kompor, menyiapkan air di panci, ia menunggu air mendidih, selanjutnya Danu memasukkan mie ke dalam panci, mie sudah matang, lalu ia meniriskan mie, kemudian memasukkan ke dalam wadah, kemudian ia menuangkan bumbu, lalu diaduk rata, akhirnya ia menyajikan mie tersebut. Langkah-langkah yang dilakukan Danu adalah ....

A. Algoritma                                                                      

B. Pemrograman                                                                             

C. Program                                                                                         

D. Programmer 

**Jawaban:** A. Algoritma 

**Penjelasan:** Langkah-langkah yang dilakukan Danu adalah serangkaian proses atau algoritma dalam memasak mie goreng.

### Soal 36

 Bar Chart biasanya menampilkan perbandingan antara item dalam bentuk batang disepanjang sumbu ....

A. Horizontal                                                                     

B. Vertical dan nilai disepanjang sumbu horizontal

C. Sumbu horizontal dan kategori sumbu vertikal

D. Diagonal dan radial 

**Jawaban:** B. Vertical dan nilai disepanjang sumbu horizontal 

**Penjelasan:** Bar Chart menampilkan perbandingan antara item dalam bentuk batang yang tegak (vertikal) dan nilai-nilai umumnya disajikan disepanjang sumbu horizontal.

### Soal 37

Perhatikan pernyataan berikut: 

1) Blocky Puzzle 

2) Blocky Maze 

3) Blocky Bird 

4) Blocky Music 

Pernyataan pengantar ke bentuk loop dan kondisional serta berdasarkan not balok adalah ....

A. 1) dan 2)                                                                        

B. 2) dan 3)                                                                        

C. 3) dan 4)                                                                        

D. 2) dan 4) 

**Jawaban:** D. 2) dan 4) 

**Penjelasan:** Blocky Bird dan Blocky Music merupakan pernyataan yang berhubungan dengan bentuk loop dan kondisional dalam pemrograman visual.

### Soal 38

Data visualization adalah ....

A. Mudah di mengerti dan dibuat.

B. Membuat grafik

C. Membuat visualisasi mudah dipahami

D. Representasi grafis dari data untuk membantu orang memahami konteks dan signifikan 

**Jawaban:** D. Representasi grafis dari data untuk membantu orang memahami konteks dan signifikan 

**Penjelasan:** Data visualization adalah representasi grafis dari data yang membantu dalam memahami konteks dan signifikansi dari data tersebut.

### Soal 39

Aplikasi yang digunakan untuk mengelola data ....

A. Microsoft Exel                                                                             

B. Microsoft Word                                                          

C. Microsoft PowerPoint                                              

D. Microsoft Windows 

**Jawaban:** A. Microsoft Excel 

**Penjelasan:** Microsoft Excel adalah aplikasi yang umum digunakan untuk mengelola, menganalisis, dan memvisualisasikan data dalam bentuk spreadsheet.

### Soal 40

Fungsi COUNTIFS termasuk varian COUNT. Yang tidak termasuk varian lainya yaitu ....

A. COUNT BLANK                                                             

B. COUNTA                                                                        

C. COUNTIF                                                                        

D. BENAR SEMUA

**Jawaban:** D. BENAR SEMUA 

**Penjelasan:** Semua opsi yang diberikan adalah varian dari fungsi COUNT dalam Excel.

### Soal 41

Variable adalah ....

A. Perintah pada scratch                                              

B. Penamaan nilai pada memori komputer           

C. Berisikan banyak blok dan nilai             

D. Salah satu serangkaian game edukasi 

 **Jawaban:** B. Penamaan nilai pada memori komputer 

**Penjelasan:** Variable adalah simbol yang digunakan untuk menampung nilai atau informasi dalam program komputer. Mereka merepresentasikan lokasi memori tempat nilai-nilai tersebut disimpan.

### Soal 42

 Perhatikan Peryataan berikut!

1) COUNTA                                        

2) COUNTBLANK                             

3) COUNTIF                                        

4) COUNTIFS

5) COUNTVERB

Berdasarkan pernyataan di atas, fungsi varian COUNT yang ditujukan pada nomor …

A. 1, 2, 3, 4 dan 5                                                             

B. 1, 3, 4 dan 2                                                                  

C. 1, 3, 4 dan 5                                                                  

D. 2, 3, 4 dan 1 

**Jawaban:** A. 1, 2, 3, 4 dan 5 

**Penjelasan:** Semua pernyataan tersebut adalah varian dari fungsi COUNT dalam Excel.

### Soal 43

Nilai atau sel yang dijadikan kunci dalam pencarian data disebut ....

A. Column_index_num                                                 

B. Lookup_value                                                                              

C. range_table                                                                  

D. table_num 

**Jawaban:** B. Lookup_value 

**Penjelasan:** Lookup_value adalah nilai atau sel yang digunakan sebagai kunci dalam pencarian data menggunakan fungsi lookup, seperti VLOOKUP atau HLOOKUP.

### Soal 44

Tool apa yang digunakan untuk mengatur pergerakan sprite dalam Scratch?**

   A. Variabel 

   B. Control 

   C. Motion 

   D. Sensing

   **Jawaban:** C. Motion 

   **Penjelasan:** Tool Motion digunakan untuk mengatur pergerakan sprite, seperti menggerakkan sprite ke depan, ke belakang, ke kanan, dan ke kiri.

### Soal 45

Tool mana yang digunakan untuk mengatur aliran eksekusi program di Scratch?**

   A. Variabel 

   B. Control 

   C. Motion 

   D. Penampilan 

 **Jawaban:** B. Control 

   **Penjelasan:** Tool Control digunakan untuk mengatur aliran eksekusi program, seperti pengulangan (loop) dan percabangan (branching).

### Soal 46

Apa fungsi dari tool Penampilan dalam Scratch?**

   A. Mengatur pergerakan sprite 

   B. Mengatur tampilan latar belakang 

   C. Mengatur parameter sprite 

   D. Mengatur parameter suara  

   **Jawaban:** B. Mengatur tampilan latar belakang 

   **Penjelasan:** Tool Penampilan digunakan untuk mengatur tampilan latar belakang atau background dalam proyek Scratch.

### Soal 47

Tool apa yang digunakan untuk menyimpan nilai-nilai yang dapat berubah dalam program Scratch?**

   A. Variabel 

   B. Control 

   C. Motion 

   D. Penampilan 

   **Jawaban:** A. Variabel 

   **Penjelasan:** Tool Variabel digunakan untuk menyimpan dan mengelola nilai-nilai yang dapat berubah dalam program, seperti skor permainan atau posisi sprite.

 ### Soal 48

Bagaimana cara menggunakan tool Variabel dalam Scratch?**

   A. Dengan menggerakkan sprite 

   B. Dengan membuat pengulangan 

   C. Dengan memberi nama pada sprite 

   D. Dengan menyimpan nilai yang berubah 

 **Jawaban:** D. Dengan menyimpan nilai yang berubah 

   **Penjelasan:** Tool Variabel digunakan untuk menyimpan nilai-nilai yang berubah dalam program, seperti skor permainan atau jumlah nyawa.

### Soal 49

Bagaimana cara mengatur perulangan (loop) dalam Scratch?**

   A. Menggunakan tool Control  

   B. Menggunakan tool Penampilan 

   C. Menggunakan tool Variabel 

   D. Menggunakan tool Motion 

   **Jawaban:** A. Menggunakan tool Control 

   **Penjelasan:** Perulangan (loop) dalam Scratch diatur menggunakan tool Control, seperti blok "ulang" atau "ulangi jika".

### Soal 50

Apa fungsi dari tool "Jika" dalam Scratch?**

   A. Mengatur pergerakan sprite 

   B. Mengatur perulangan 

   C. Mengatur percabangan 

   D. Mengatur tampilan 

   **Jawaban:** C. Mengatur percabangan 

   **Penjelasan:** Tool "Jika" digunakan untuk membuat percabangan (conditional) dalam program, di mana program akan menjalankan perintah tertentu jika suatu kondisi terpenuhi.

### Soal 51

Tool apa yang digunakan untuk mengatur rotasi sprite dalam Scratch?**

   A. Variabel 

   B. Control 

   C. Motion 

   D. Penampilan 

   **Jawaban:** C. Motion 

   **Penjelasan:** Rotasi sprite dalam Scratch diatur menggunakan tool Motion, seperti blok "putar".

### Soal 52

Apa fungsi dari tool "Gelapkan" dalam Scratch?**

   A. Mengatur kecepatan sprite 

   B. Mengatur perulangan 

   C. Mengatur rotasi sprite 

   D. Mengatur transparansi sprite 

   **Jawaban:** D. Mengatur transparansi sprite 

   **Penjelasan:** Tool "Gelapkan" digunakan untuk mengatur tingkat transparansi sprite, membuatnya tampak lebih gelap atau tembus pandang.

### Soal 53

Bagaimana cara mengatur perpindahan sprite dari satu titik ke titik lainnya dalam Scratch?**

   A. Dengan menggunakan blok "Gerak ke titik" 

   B. Dengan mengatur tampilan sprite 

   C. Dengan mengubah nilai variabel 

   D. Dengan membuat perulangan 

   **Jawaban:** A. Dengan menggunakan blok "Gerak ke titik" 

   **Penjelasan:** Perpindahan sprite dari satu titik ke titik lainnya dalam Scratch diatur menggunakan blok "Gerak ke titik", yang dapat mengatur koordinat x dan y dari sprite.

Tentu, berikut adalah 10 soal pilihan ganda beserta penjelasan jawabannya tentang materi Scratch dari tool variabel, control, dan motion:

### Soal 54

Apa yang dimaksud dengan algoritma?**

   A. Sekumpulan instruksi logis untuk menyelesaikan masalah 

   B. Bahasa pemrograman 

   C. Fungsi dalam Excel 

   D. Sebuah gambaran visual 

   **Jawaban:** A. Sekumpulan instruksi logis untuk menyelesaikan masalah 

   **Penjelasan:** Algoritma adalah sekumpulan instruksi langkah demi langkah yang logis dan sistematis untuk menyelesaikan suatu masalah atau tugas.

### Soal 55

Apakah tujuan utama dari algoritma?**

   A. Menciptakan program yang kompleks 

   B. Menyederhanakan tugas 

   C. Memperluas kemampuan komputer 

   D. Menghasilkan grafik yang menarik 

   **Jawaban:** B. Menyederhanakan tugas 

   **Penjelasan:** Tujuan utama dari algoritma adalah menyederhanakan tugas atau masalah menjadi serangkaian langkah-langkah yang dapat dijalankan untuk mencapai solusi.

###Soal 56

Apa yang dimaksud dengan "looping" dalam pemrograman?**

   A. Sebuah metode untuk menggambar grafik 

   B. Proses pengulangan instruksi secara berulang 

   C. Pengaturan tampilan program 

   D. Algoritma untuk menemukan solusi 

   **Jawaban:** B. Proses pengulangan instruksi secara berulang 

   **Penjelasan:** "Looping" adalah proses dalam pemrograman di mana serangkaian instruksi dieksekusi berulang kali berdasarkan kondisi yang ditentukan.

### Soal 57

Apa yang dimaksud dengan "variabel" dalam konteks pemrograman?**

   A. Nilai yang tidak berubah 

   B. Bagian dari algoritma 

   C. Data yang berubah selama eksekusi program 

   D. Hasil dari algoritma 

   **Jawaban:** C. Data yang berubah selama eksekusi program 

   **Penjelasan:** Variabel dalam pemrograman adalah tempat penyimpanan yang digunakan untuk menampung data yang dapat berubah nilainya selama eksekusi program.

### Soal 58

Bahasa pemrograman apa yang digunakan secara luas untuk pengembangan web?**

   A. Java 

   B. C++ 

   C. Python 

   D. HTML 

   **Jawaban:** D. HTML 

   **Penjelasan:** HTML (Hypertext Markup Language) adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat halaman web.

### Soal 59

Apa yang dimaksud dengan "debugging" dalam pemrograman?**

   A. Proses mencari bug dalam program dan memperbaikinya 

   B. Proses merancang program 

   C. Proses menulis algoritma 

   D. Proses mengevaluasi performa program 

   **Jawaban:** A. Proses mencari bug dalam program dan memperbaikinya 

   **Penjelasan:** "Debugging" adalah proses mencari, mendiagnosis, dan memperbaiki kesalahan atau "bug" dalam program komputer.

### Soal 60

Apa yang dimaksud dengan "conditional statement" dalam pemrograman?**

   A. Instruksi yang dieksekusi secara berulang 

   B. Instruksi yang dieksekusi hanya jika kondisi tertentu terpenuhi 

   C. Bahasa pemrograman populer 

   D. Jenis variabel 

   **Jawaban:** B. Instruksi yang dieksekusi hanya jika kondisi tertentu terpenuhi 

   **Penjelasan:** "Conditional statement" adalah instruksi dalam pemrograman yang dieksekusi hanya jika kondisi tertentu terpenuhi.

### Soal 61

Apa yang dimaksud dengan "syntax" dalam pemrograman?**

   A. Bahasa pemrograman 

   B. Kode program yang dihasilkan  

   C. Aturan dan struktur dari bahasa pemrograman 

   D. Hasil dari eksekusi program  

   **Jawaban:** C. Aturan dan struktur dari bahasa pemrograman 

   **Penjelasan:** "Syntax" adalah aturan dan struktur yang harus diikuti dalam penulisan kode program dalam sebuah bahasa pemrograman.

###  Soal 62

Apa yang dimaksud dengan "compiler" dalam pemrograman?**

   A. Alat untuk mengukur performa program 

   B. Alat untuk menulis kode program 

   C. Alat untuk mengeksekusi kode program 

   D. Program yang menerjemahkan kode program menjadi bahasa mesin 

   **Jawaban:** D. Program yang menerjemahkan kode program menjadi bahasa mesin 

   **Penjelasan:** "Compiler" adalah program yang menerjemahkan kode program yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu menjadi bahasa mesin yang dapat dimengerti oleh komputer.


Dekianlah soal latihan yang dapat kamu pelajari dan selamat belajar semoga hasil yang kamu dapatkan tidak sia-sia selamat latihan semoga sukses.

Posting Komentar untuk "50 Soal dan Kunci Jawaban infomatika Kelas 8 SMP Ulangan Atau Ujian Akhir Semester Genap Kurikulum Merdeka"