50 Soal dan Kunci Jawaban infomatika Kelas 8 SMP Ulangan Atau Ujian Akhir Semester Genap Kurikulum Merdeka
Terdapat 50 soal Ulangan Informatika Kelas 8 kurikulum merdeka yang dikumpulkan untuk bahan belajar seperti buku dan lembar kerja siswa (LKS) untuk Menghadapai Ujian Akhir semester.
Soal dan jawaban pada setiap pertayaan yang ada serta kunci jawababan yang ada.
Semkin banyak kamu belajar dan menjawab dengan benar dalam setiap pertayaan yang menunjukan bahwa penguasa materi yang baik.
Jika kamu mengalami kesulitan mintalah guru membantu kamu dalam kesulitan yang kamu rasa belum memahami dalam menjawab setiap soal yang kamu rasa sulit dalam menjawab pertayaan/
Berikut adalah jawaban dan penjelasan
untuk soal-soal yang diberikan:
### Soal 11
**Dari pernyataan tersebut yang termasuk
fungsi pencarian data menggunakan lookup adalah:**
A. (B) dan (C)
B. (B), (C), dan (C)
C. (A), (C), dan (D)
D. (A) dan (D)
**Jawaban:** A. (B) dan (C)
**Penjelasan:**
- **(A) XLOOKUP:** Benar, fungsi baru di
Excel untuk pencarian data.
- **(B) VLOOKUP:** Benar, fungsi untuk
pencarian data secara vertikal.
- **(C) HLOOKUP:** Benar, fungsi untuk
pencarian data secara horizontal.
- **(D) SLOOKUP:** Salah, tidak ada fungsi
bernama SLOOKUP.
### Soal 12
**Dari pernyataan tools CODE scratch
diatas manakah yang benar adalah:**
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 3, 2, dan 4
D. 4, 1, dan 3
**Jawaban:** B. 1, 2, dan 4
**Penjelasan:**
- **Motion (1), Looks (2), dan Variable
(4):** Benar, merupakan bagian dari tools CODE Scratch.
- **Custome (3):** Salah, seharusnya
Costume, tapi tetap tidak termasuk dalam tools CODE.
### Soal 13
**Komponen-Komponen dari fungsi COUNTIFS
adalah:**
A. 1 dan 3
B. 2 dan 4
C. 1, 2, dan 3
D. 2, 3, dan 4
**Jawaban:** D. 2, 3, dan 4
**Penjelasan:**
- **Criteria_range1 (3), Criteria1 (4),
Criteria_range2 (2), Criteria2 (1):** Benar, ini adalah komponen dari fungsi
COUNTIFS.
**Fungsi dari SCRIP BLOK di bawah
adalah:**
A. Mengulangi blok di dalam hingga kondisi
benar
B. Menjalankan script secara terus
menerus
C. Menunggu selama beberapa detik sebelum
melanjutkan ke blok berikutnya
D. Menghentikan semua script yang berada
di semua sprite
**Jawaban:** C. Menunggu selama beberapa
detik sebelum melanjutkan ke blok berikutnya
**Penjelasan:**
- **Script blok ini digunakan untuk
menunggu beberapa detik sebelum melanjutkan eksekusi blok berikutnya.**
### Soal 15
**Berbagai prosedur standar dalam
mengoperasikan data angka ke dalam lembar kerja yang dikenal sebagai:**
A. Ebook
B. Sumber Array
C. Workbook
D. Rangebook
E. Databook
**Jawaban:** C. Workbook
**Penjelasan:**
- **Workbook:** Benar, merupakan file
Excel yang berisi lembar kerja.
### Soal 16
**Arti dari kode script di bawah adalah:**
A. Menunggu selama waktu (detik) yang
telah ditentukan kemudian berlanjut ke blok selanjutnya
B. Menjalankan script dalam blok secara
berulang-ulang dalam waktu (detik)
C. Apabila kondisinya benar maka blok akan
berjalan dalam waktu detik
D. Apabila blok tidak berjalan maka if
tidak akan berjalan dalam waktu detik
**Jawaban:** A. Menunggu selama waktu
(detik) yang telah ditentukan kemudian berlanjut ke blok selanjutnya
**Penjelasan:**
- **Menunggu sejumlah waktu sebelum
melanjutkan ke blok berikutnya.**
### Soal 17
**Bentuk umum (sintaks) dari fungsi INDEX
yang benar adalah:**
A. =INDEX(array,row_num,[column_num])
B. =INDEX(array,row_num,lookup_value,{column_num})
C. =index({column_num],array,row_nim)
D.
=Index(table_array,array,row_num[culumn_num])
**Jawaban:** A.
=INDEX(array,row_num,[column_num])
**Penjelasan:**
- **Sintaks yang benar adalah dengan
argumen array, row_num, dan optional column_num.**
### Soal 18
**Salah satu contoh visual programming
adalah:**
A. Pascal
B. Java
C. Blocky / Scratch
D. Phyton
**Jawaban:** C. Blocky / Scratch
**Penjelasan:**
- **Blocky / Scratch:** Benar, adalah
contoh dari visual programming.
### Soal 19
**Fungsi COUNTIFS pada MS Excel termasuk
ke dalam golongan fungsi:**
A. Teks (text function)
B. Tanggal dan waktu (date and time)
C. Matematika dan trigonometri (math and
trigonometry function)
D. Statik (statistical function)
**Jawaban:** D. Statik (statistical
function)
**Penjelasan:**
- **COUNTIFS termasuk dalam fungsi
statistik.**
### Soal 20
**Script blok di atas digunakan untuk:**
A. Mengulangi blok di dalamnya hingga
kondisi yang diberikan benar
B. Menghentikan semua script
C. Menjalankan blok di dalamnya jika
kondisi salah
D. Menunggu selama beberapa detik
**Jawaban:** A. Mengulangi blok di
dalamnya hingga kondisi yang diberikan benar
**Penjelasan:**
- **Script blok ini digunakan untuk
mengulangi blok hingga kondisi yang diberikan benar.**
### Soal 21
**Pada visualisasi data, data yang disusun
dalam bentuk tabel data ditampilkan dalam bentuk:**
A. Screenshoot
B. Get-in-add
C. Chart
D. Picture
**Jawaban:** C. Chart
**Penjelasan:**
- **Chart:** Benar, digunakan untuk
memvisualisasikan data dari tabel ke bentuk grafik.
### Soal 22
**Pada Blocky Bird pemain belajar
tentang:**
A. Pembuatan animasi sederhana
B. Pengenalan bentuk-bentuk blocky
C. Looping dan kondisi sederhana
D. Titik koordinat dan logika
berpikir
**Jawaban:** C. Looping dan kondisi
sederhana
**Penjelasan:**
- **Blocky Bird:** Mengajarkan looping dan
kondisi sederhana dalam pemrograman.
### Soal 23
**Adapun tujuan visualisasi data yaitu
menyampaikan informasi secara ringkas dan jelas sehingga mudah dipahami oleh:**
A. Ctriteria
B. Audiens
C. Kolektor
D. Para pakar
**Jawaban:** B. Audiens
**Penjelasan:**
- **Audiens:** Benar, tujuan visualisasi
data adalah agar informasi mudah dipahami oleh audiens.
### Soal 24
**Fungsi yang digunakan untuk mencari
nilai tertentu dalam range data kemudian mengembalikan posisi relatif nilai
tersebut dalam bentuk angka adalah:**
A. LOOKUP
B. INDEX
C. CHOOSE
D. MATCH
**Jawaban:** D. MATCH
**Penjelasan:**
- **MATCH:** Benar, digunakan untuk
mengembalikan posisi relatif nilai dalam bentuk angka.
### Soal 25
**Berdasarkan variabel dalam pemrograman
pada dasarnya memiliki tipe data dengan tujuan yaitu:**
A. Memperkenalkan hitungan-hitungan
matematika untuk membuat animasi
B. Menentukan nilai seperti apa yang dapat
disimpan oleh variabel tersebut
C. Menyimpan nilai berupa ulangan
D. Menggunakan blok-blok yang didrag-drag
dan drop
**Jawaban:** B. Menentukan nilai seperti
apa yang dapat disimpan oleh variabel tersebut
**Penjelasan:**
- **Menentukan nilai:** Tujuan utama tipe
data dalam pemrograman adalah menentukan jenis nilai yang dapat disimpan oleh
variabel.
### Soal 26
**Salah satu fungsi spreadsheet yang
digunakan untuk menghasilkan nilai dari elemen pada tabel atau array
berdasarkan nomor indeks baris dan kolom adalah:**
A. AVERAGE
B. SUMIF
C. INDEX
D. COUNTIFS
**Jawaban:** C. INDEX
**Penjelasan:**
- **INDEX:** Benar, digunakan untuk
mengembalikan nilai dari elemen berdasarkan nomor indeks baris dan kolom.
### Soal 27
**Berdasarkan pernyataan di atas, belajar
membuat kode dan memprogram komputer dapat membantu mengembangkan komponen yang
ditujukan pada nomor:**
A. 1, 2, 3, dan 4
B. 1, 2, 3, dan 1
C. 1 dan 3
D. 2, 3, 4, dan 2
**Jawaban:** A. 1, 2, 3, dan 4
**Penjelasan:**
- **Pemikiran logis (1), Latihan
mengulangi perintah (2), Kemampuan memecahkan masalah (3), dan Berpola
konsumtif (4):** Semua adalah aspek yang dapat dikembangkan dengan belajar
membuat kode dan memprogram komputer.
### Soal 28
**Fungsi REFERENCE digunakan untuk:**
A. Menghitung rata-rata data dalam satu
kolom
B. Menunjukkan posisi data dalam suatu
range dataset
C. Mengurutkan data secara alfabetis
D. Menghapus data duplikat
**Jawaban:** B. Menunjukkan posisi data
dalam suatu range dataset
**Penjelasan:**
- **REFERENCE:** Digunakan untuk
menunjukkan posisi data dalam suatu range dataset.
### Soal 29
Manakah sintaks yang benar untuk fungsi INDEX dalam bentuk array …
A. =INDEX(array,row_num,[column_num])
B. =INDEX(reference:row_num[column_num]:[area_num])
C. =INDEX(reference:rows_num:[column_num:area_num
D. =INDEX(index_num,value1,value2[value3])
**Jawaban: A. =INDEX(array, nomor_baris, [nomor_kolom])**
**Penjelasan:**
-
**Opsi A:** Ini adalah sintaks yang benar untuk fungsi INDEX dalam bentuk
array. `array` adalah rentang data atau array yang ingin Anda cari nilainya,
`nomor_baris` adalah nomor baris dari elemen yang ingin Anda kembalikan, dan
`[nomor_kolom]` (opsional) adalah nomor kolom dari elemen yang ingin Anda
kembalikan.
### Soal 30
Dari tulisan blok code blok yang perintah when tombol Go Clicked terdapat pada blok menu ....
A. A. Move dan Looks C. Move
dan Sensing
B. B. Event D. Control
**Jawaban: B.
Event**
**Penjelasan:**
- Blok perintah "When Go clicked" terdapat pada blok menu Event.
### Soal 31
Fungsi
INDEX berbeda dengan fungsi LOOKUP Karena ...
A. INDEX
hanya bisa mencari nilai data secara vertical.
B. INDEX
hanya bisa mencari data horizontal.
C. INDEX
bisa mencari data secara vertikal dan horizontal
D. INDEX tidak membutuhkan nomor kolom
**Jawaban:
C. INDEX bisa mencari data secara vertikal dan horizontal**
**Penjelasan:**
- Fungsi INDEX memungkinkan pencarian data baik secara vertikal maupun horizontal, sementara fungsi LOOKUP lebih umumnya hanya untuk pencarian data dalam satu arah (biasanya vertikal).
### Soal 32
Inti
Dari Pemahaman Modern Terhadap Informasi, Proses Ini Melibatkan Pengumpulan,
Penyusunan, Penafsiran Dan Ekstraksi Makna Dari Sejumlah Data Yang Dimiliki Dan
Untuk Wawasan Yang Bernilai, Ini adalah Pengertian Dari .…
A. Analisis
data C.
Makna analisis data
B. Tujuan analisis data D. Data saja
**Jawaban:
A. Analisis data**
**Penjelasan:**
-
Pernyataan tersebut menggambarkan proses analisis data, yang melibatkan
pengumpulan, penyusunan, penafsiran, dan ekstraksi makna dari data untuk
mendapatkan wawasan yang berharga..
### Soal 33
Berikut ini yang termasuk pencarian
data dengan fungsi reference yang menunjukkan posisi data dalam suatu range
adalah....
A. SUMIFS dan COUNTIF
B. CHOOSE, MATCH dan INDEX
C. HLOOKUP dan VLOOKUP
D. BAR CHART dan COLUMN CHART
**Jawaban:** B. CHOOSE, MATCH dan
INDEX
**Penjelasan:** Fungsi-fungsi seperti CHOOSE, MATCH, dan INDEX digunakan untuk merujuk atau menentukan posisi data dalam suatu rentang data atau array.
### Soal 34
Jenis-jenis CHART yang umum digunakan
untuk menyajikan dan mendistribusikan data (umum) dalam penyajian adalah....
A. Bar chart
B. Pie chart
C. Line chart dan Column chart
D. Scatter plot
**Jawaban:** C. Line chart dan Column
chart
**Penjelasan:** Line chart dan Column chart merupakan jenis-jenis grafik yang umum digunakan untuk menyajikan dan mendistribusikan data.
### Soal 35
Perhatikan Ilustrasi berikut!
Ketika Danu membeli mie goreng, lalu Danu
mengolah mie tersebut pertama kali ia menyalakan kompor, menyiapkan air di
panci, ia menunggu air mendidih, selanjutnya Danu memasukkan mie ke dalam
panci, mie sudah matang, lalu ia meniriskan mie, kemudian memasukkan ke dalam
wadah, kemudian ia menuangkan bumbu, lalu diaduk rata, akhirnya ia menyajikan
mie tersebut. Langkah-langkah yang dilakukan Danu adalah ....
A. Algoritma
B. Pemrograman
C. Program
D. Programmer
**Jawaban:** A. Algoritma
**Penjelasan:** Langkah-langkah yang
dilakukan Danu adalah serangkaian proses atau algoritma dalam memasak mie
goreng.
### Soal 36
Bar Chart biasanya menampilkan perbandingan antara item dalam bentuk batang disepanjang sumbu ....
A. Horizontal
B. Vertical dan nilai disepanjang sumbu
horizontal
C. Sumbu horizontal dan kategori sumbu
vertikal
D. Diagonal dan radial
**Jawaban:** B. Vertical dan nilai
disepanjang sumbu horizontal
**Penjelasan:** Bar Chart menampilkan
perbandingan antara item dalam bentuk batang yang tegak (vertikal) dan
nilai-nilai umumnya disajikan disepanjang sumbu horizontal.
### Soal 37
Perhatikan pernyataan berikut:
1) Blocky Puzzle
2) Blocky Maze
3) Blocky Bird
4) Blocky Music
Pernyataan pengantar ke bentuk loop dan
kondisional serta berdasarkan not balok adalah ....
A. 1) dan 2)
B. 2) dan 3)
C. 3) dan 4)
D. 2) dan 4)
**Jawaban:** D. 2) dan 4)
**Penjelasan:** Blocky Bird dan Blocky
Music merupakan pernyataan yang berhubungan dengan bentuk loop dan kondisional
dalam pemrograman visual.
### Soal 38
Data visualization adalah ....
A. Mudah di mengerti dan dibuat.
B. Membuat grafik
C. Membuat visualisasi mudah dipahami
D. Representasi grafis dari data untuk
membantu orang memahami konteks dan signifikan
**Jawaban:** D. Representasi grafis dari
data untuk membantu orang memahami konteks dan signifikan
**Penjelasan:** Data visualization adalah
representasi grafis dari data yang membantu dalam memahami konteks dan
signifikansi dari data tersebut.
### Soal 39
Aplikasi yang digunakan untuk mengelola
data ....
A. Microsoft Exel
B. Microsoft Word
C. Microsoft PowerPoint
D. Microsoft Windows
**Jawaban:** A. Microsoft Excel
**Penjelasan:** Microsoft Excel adalah
aplikasi yang umum digunakan untuk mengelola, menganalisis, dan
memvisualisasikan data dalam bentuk spreadsheet.
### Soal 40
Fungsi COUNTIFS termasuk varian COUNT.
Yang tidak termasuk varian lainya yaitu ....
A. COUNT BLANK
B. COUNTA
C. COUNTIF
D. BENAR SEMUA
**Jawaban:** D. BENAR SEMUA
**Penjelasan:** Semua opsi yang diberikan
adalah varian dari fungsi COUNT dalam Excel.
### Soal 41
Variable adalah ....
A. Perintah pada scratch
B. Penamaan nilai pada memori komputer
C. Berisikan banyak blok dan nilai
D. Salah satu serangkaian game edukasi
**Penjelasan:** Variable adalah simbol yang
digunakan untuk menampung nilai atau informasi dalam program komputer. Mereka
merepresentasikan lokasi memori tempat nilai-nilai tersebut disimpan.
### Soal 42
Perhatikan Peryataan berikut!
1) COUNTA
2) COUNTBLANK
3) COUNTIF
4) COUNTIFS
5) COUNTVERB
Berdasarkan pernyataan di atas, fungsi
varian COUNT yang ditujukan pada nomor …
A. 1, 2, 3, 4 dan 5
B. 1, 3, 4 dan 2
C. 1, 3, 4 dan 5
D. 2, 3, 4 dan 1
**Jawaban:** A. 1, 2, 3, 4 dan 5
**Penjelasan:** Semua pernyataan tersebut
adalah varian dari fungsi COUNT dalam Excel.
### Soal 43
Nilai atau sel yang dijadikan kunci dalam pencarian data disebut ....
A. Column_index_num
B. Lookup_value
C. range_table
D. table_num
**Jawaban:** B. Lookup_value
**Penjelasan:** Lookup_value adalah nilai
atau sel yang digunakan sebagai kunci dalam pencarian data menggunakan fungsi
lookup, seperti VLOOKUP atau HLOOKUP.
### Soal 44
Tool apa yang digunakan untuk mengatur pergerakan sprite dalam Scratch?**
A.
Variabel
B.
Control
C.
Motion
D. Sensing
**Jawaban:** C. Motion
**Penjelasan:** Tool Motion digunakan untuk mengatur pergerakan sprite,
seperti menggerakkan sprite ke depan, ke belakang, ke kanan, dan ke kiri.
### Soal 45
Tool mana yang digunakan untuk mengatur aliran eksekusi program di Scratch?**
A.
Variabel
B.
Control
C.
Motion
D.
Penampilan
**Penjelasan:** Tool Control digunakan untuk mengatur aliran eksekusi
program, seperti pengulangan (loop) dan percabangan (branching).
### Soal 46
Apa fungsi dari tool Penampilan dalam Scratch?**
A.
Mengatur pergerakan sprite
B.
Mengatur tampilan latar belakang
C.
Mengatur parameter sprite
D. Mengatur parameter suara
**Jawaban:** B. Mengatur tampilan latar belakang
**Penjelasan:** Tool Penampilan digunakan untuk mengatur tampilan latar
belakang atau background dalam proyek Scratch.
### Soal 47
Tool apa yang digunakan untuk menyimpan nilai-nilai yang dapat berubah dalam program Scratch?**
A.
Variabel
B.
Control
C.
Motion
D. Penampilan
**Jawaban:** A. Variabel
**Penjelasan:** Tool Variabel digunakan untuk menyimpan dan mengelola
nilai-nilai yang dapat berubah dalam program, seperti skor permainan atau
posisi sprite.
Bagaimana cara menggunakan tool Variabel dalam Scratch?**
A.
Dengan menggerakkan sprite
B.
Dengan membuat pengulangan
C.
Dengan memberi nama pada sprite
D.
Dengan menyimpan nilai yang berubah
**Penjelasan:** Tool Variabel digunakan untuk menyimpan nilai-nilai yang
berubah dalam program, seperti skor permainan atau jumlah nyawa.
### Soal 49
Bagaimana cara mengatur perulangan (loop) dalam Scratch?**
A.
Menggunakan tool Control
B.
Menggunakan tool Penampilan
C.
Menggunakan tool Variabel
D. Menggunakan tool Motion
**Jawaban:** A. Menggunakan tool Control
**Penjelasan:** Perulangan (loop) dalam Scratch diatur menggunakan tool
Control, seperti blok "ulang" atau "ulangi jika".
### Soal 50
Apa fungsi dari tool "Jika" dalam Scratch?**
A.
Mengatur pergerakan sprite
B.
Mengatur perulangan
C.
Mengatur percabangan
D. Mengatur tampilan
**Jawaban:** C. Mengatur percabangan
**Penjelasan:** Tool "Jika" digunakan untuk membuat
percabangan (conditional) dalam program, di mana program akan menjalankan
perintah tertentu jika suatu kondisi terpenuhi.
### Soal 51
Tool apa yang digunakan untuk mengatur rotasi sprite dalam Scratch?**
A.
Variabel
B.
Control
C.
Motion
D. Penampilan
**Jawaban:** C. Motion
**Penjelasan:** Rotasi sprite dalam Scratch diatur menggunakan tool
Motion, seperti blok "putar".
### Soal 52
Apa fungsi dari tool "Gelapkan" dalam Scratch?**
A.
Mengatur kecepatan sprite
B.
Mengatur perulangan
C.
Mengatur rotasi sprite
D. Mengatur transparansi sprite
**Jawaban:** D. Mengatur transparansi sprite
**Penjelasan:** Tool "Gelapkan" digunakan untuk mengatur
tingkat transparansi sprite, membuatnya tampak lebih gelap atau tembus pandang.
### Soal 53
Bagaimana cara mengatur perpindahan sprite dari satu titik ke titik lainnya dalam Scratch?**
A.
Dengan menggunakan blok "Gerak ke titik"
B.
Dengan mengatur tampilan sprite
C.
Dengan mengubah nilai variabel
D. Dengan membuat perulangan
**Jawaban:** A. Dengan menggunakan blok "Gerak ke titik"
**Penjelasan:** Perpindahan sprite dari satu titik ke titik lainnya
dalam Scratch diatur menggunakan blok "Gerak ke titik", yang dapat
mengatur koordinat x dan y dari sprite.
Tentu, berikut adalah 10 soal pilihan ganda
beserta penjelasan jawabannya tentang materi Scratch dari tool variabel,
control, dan motion:
### Soal 54
Apa yang dimaksud dengan algoritma?**
A.
Sekumpulan instruksi logis untuk menyelesaikan masalah
B.
Bahasa pemrograman
C.
Fungsi dalam Excel
D. Sebuah gambaran visual
**Jawaban:** A. Sekumpulan instruksi logis untuk menyelesaikan
masalah
**Penjelasan:** Algoritma adalah sekumpulan instruksi langkah demi
langkah yang logis dan sistematis untuk menyelesaikan suatu masalah atau tugas.
### Soal 55
Apakah tujuan utama dari algoritma?**
A.
Menciptakan program yang kompleks
B.
Menyederhanakan tugas
C.
Memperluas kemampuan komputer
D.
Menghasilkan grafik yang menarik
**Jawaban:** B. Menyederhanakan tugas
**Penjelasan:** Tujuan utama dari algoritma adalah menyederhanakan tugas atau masalah menjadi serangkaian langkah-langkah yang dapat dijalankan untuk mencapai solusi.
###Soal 56
Apa yang dimaksud dengan
"looping" dalam pemrograman?**
A.
Sebuah metode untuk menggambar grafik
B.
Proses pengulangan instruksi secara berulang
C.
Pengaturan tampilan program
D. Algoritma untuk menemukan solusi
**Jawaban:** B. Proses pengulangan instruksi secara berulang
**Penjelasan:** "Looping" adalah proses dalam pemrograman di
mana serangkaian instruksi dieksekusi berulang kali berdasarkan kondisi yang
ditentukan.
### Soal 57
Apa yang dimaksud dengan "variabel" dalam konteks pemrograman?**
A.
Nilai yang tidak berubah
B.
Bagian dari algoritma
C.
Data yang berubah selama eksekusi program
D. Hasil dari algoritma
**Jawaban:** C. Data yang berubah selama eksekusi program
**Penjelasan:** Variabel dalam pemrograman adalah tempat penyimpanan
yang digunakan untuk menampung data yang dapat berubah nilainya selama eksekusi
program.
### Soal 58
Bahasa pemrograman apa yang digunakan secara luas untuk pengembangan web?**
A.
Java
B.
C++
C.
Python
D. HTML
**Jawaban:** D. HTML
**Penjelasan:** HTML (Hypertext Markup Language) adalah bahasa
pemrograman yang digunakan untuk membuat halaman web.
### Soal 59
Apa yang dimaksud dengan "debugging" dalam pemrograman?**
A.
Proses mencari bug dalam program dan memperbaikinya
B.
Proses merancang program
C.
Proses menulis algoritma
D. Proses mengevaluasi performa program
**Jawaban:** A. Proses mencari bug dalam program dan memperbaikinya
**Penjelasan:** "Debugging" adalah proses mencari,
mendiagnosis, dan memperbaiki kesalahan atau "bug" dalam program
komputer.
### Soal 60
Apa yang dimaksud dengan "conditional statement" dalam pemrograman?**
A.
Instruksi yang dieksekusi secara berulang
B.
Instruksi yang dieksekusi hanya jika kondisi tertentu terpenuhi
C.
Bahasa pemrograman populer
D. Jenis variabel
**Jawaban:** B. Instruksi yang dieksekusi hanya jika kondisi tertentu
terpenuhi
**Penjelasan:** "Conditional statement" adalah instruksi dalam
pemrograman yang dieksekusi hanya jika kondisi tertentu terpenuhi.
### Soal 61
Apa yang dimaksud dengan "syntax" dalam pemrograman?**
A.
Bahasa pemrograman
B.
Kode program yang dihasilkan
C.
Aturan dan struktur dari bahasa pemrograman
D. Hasil dari eksekusi program
**Jawaban:** C. Aturan dan struktur dari bahasa pemrograman
**Penjelasan:** "Syntax" adalah aturan dan struktur yang harus
diikuti dalam penulisan kode program dalam sebuah bahasa pemrograman.
### Soal 62
Apa yang dimaksud dengan "compiler" dalam pemrograman?**
A.
Alat untuk mengukur performa program
B.
Alat untuk menulis kode program
C.
Alat untuk mengeksekusi kode program
D. Program yang menerjemahkan kode program menjadi bahasa mesin
**Jawaban:** D. Program yang menerjemahkan kode program menjadi bahasa
mesin
**Penjelasan:** "Compiler" adalah program yang menerjemahkan
kode program yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu menjadi bahasa
mesin yang dapat dimengerti oleh komputer.
Dekianlah soal latihan yang dapat kamu pelajari dan selamat belajar semoga hasil yang kamu dapatkan tidak sia-sia selamat latihan semoga sukses.
Posting Komentar untuk "50 Soal dan Kunci Jawaban infomatika Kelas 8 SMP Ulangan Atau Ujian Akhir Semester Genap Kurikulum Merdeka"
Jangan nge spam yah