Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kasus Analisis Data Unplugged (AK-AD-05)

        Pada kali ini kita akan Praktek Analisis data UNplugged kita kali ini...kita akan membahas berbagai kasus permasalahan pada data yang akan kita pelajari baik secar kelompok maupun secara individu. Mari kita simak Tugas sebagai berikut:

Tujuan Pembelajaran:

a. Mengolah dan menganalisis sekumpulan data (yang lebih banyak dari data SD): mencari            suatu data tertentu, memfilter data dengan kriteria tertentu, membandingkan, mengurutkan,        mengelompokkan, menyimpulkan.

b. Memahami berbagai data dalam berbagai representasi (numerik, teks, gambar) dan                      menyimpulkan serta menginterpretasi artinya.

c. Memahami konsep keterurutan data dalam berbagai abstraksi representasi (numerik, teks,            gambar).

d. Menentukan kriteria dan melakukan pengelompokan data berdasarkan kategori tertentu.

e. Memakai perkakas seperti pengolah lembar kerja untuk mengolah data sederhana dan                  menampilkan sesuai dengan tujuan.

Aktivitas Kelompok

Kode AD-K7-04-U: BOARD GAME

Jika disekolah tersedia komputer dan aplikasi lembar kerja, kita akan belajar analisis data unplugged tapi dengan cara tidak menggunkan komputer.

Caranya : dengan menyimpulkan lembar kerja dalam selembar kertas manila dan dengan menggunkan stick notes. jika suatu sekolah tersedia komputer maka kalian akan meghitung dengan cepat.

Kali ini  kalian akan melakukan secara kolompok yang terdiri dari 2 orang. salah satunya bertugas sebagai komputer dan satunya bertugas sebagai user yang akan memasukan data pada komputer. 

Bahan Dan Alat

1. Kertas A4/A3 untuk lembar kerja

2. STick Notes untuk menuliskan formula dan hasil jawaban (beda Warna)

Yang kalian Lakukan:

Kalian akan belajar tentang nilai tukar mata uang asing. Ada kurs jual dan kurs

beli. Kurs jual artinya harga jual mata uang asing terhadap rupiah oleh bank/

badan resmi penukaran uang lain. Kurs beli adalah harga beli mata uang asing

terhadap rupiah oleh bank/badan resmi penukaran uang lainnya. Apabila

kalian ingin menukar uang rupiah kalian dengan mata uang asing tertentu,

yang perlu diperhatikan ialah kurs jual. Apabila kalian membutuhkan uang

rupiah dari mata uang asing yang kalian miliki, yang perlu diperhatikan ialah

kurs beli. Terdapat transaksi jual/beli untuk mata uang asing terhadap mata uang

rupiah yang dilakukan oleh beberapa siswa. Kalian akan diminta untuk

menghitung hasil tukarnya dalam nilai rupiah dan melakukan analisis data

sederhana. Semua aktivitas ini dilakukan secara unplugged dengan membuat

simulasi Worksheet pada kertas.

Kalian perlu membuat simulasi worksheet dengan menggunakan kertas

manila dengan membuatnya menjadi seperti matriks berukuran 10 kolom x

11 baris. Kolom diberi nama A sampai J, dan baris diberi nomor 1 sampai 11,

seperti yang tampak pada gambar di bawah.

Setelah itu, kalian juga perlu menyiapkan sticky notes. Sticky notes digunakan

untuk menuliskan formula dan hasil dari formula. Formula akan ditulis pada

sticky note bagian bawah, sedangkan hasil dari formula akan dituliskan pada

sticky note bagian atas. Dengan demikian, nantinya, setiap cell yang perlu

kalian kerjakan akan berisi 2 lembar sticky notes yang saling bertumpuk.

Misalnya, sticky note bagian bawah berisi =5*5 dan sticky note yang atas berisi

25 sebagai hasil dari perhitungan formula pada sticky note bawahnya.

Tuliskan data berikut pada simulasi worksheet yang sudah dibuat.

Cell D3 sampai D11, cell B11, cell G2 sampai G11, cell H2 sampai H6, cell I2

sampai I6, cell J2 sampai J6 atau cell yang berwarna cokelat itu yang harus

kalian kerjakan. Pada setiap cell tersebut, tempelkan dua sticky notes sesuai

perintah sebelumnya.

Perhatikan kolom C - Jual/Beli, karena akan memengaruhi nilai tukarnya.

Tampilkan data dengan 2 digit di belakang koma.

'image.png' gagal diupload.

Uji Kompetensi

Soal Esai

Tampilan Laporan

Buatlah sebuah Worksheet laporan yang memiliki tiga sheet. Laporan ini

menampilkan data jumlah kunjungan wisatawan mancanegara per bulan ke

Indonesia menurut pintu masuknya untuk data tahun 2017. Sheet pertama

berisi data dari pintu masuk udara, sheet kedua dari pintu masuk laut, dan

sheet terakhir berisi data dari pintu masuk darat.

Simpan dokumen ini dengan nama ile sesuai instruksi dari guru kalian.

Hasil jadi penamaan setiap sheet seperti berikut.

Laporan dikerjakan pada aplikasi lembar kerja. Pengumpulan hasil dan

penamaan dokumen menyesuaikan instruksi guru.

Spesiikasi yang harus dilengkapi dalam pembuatan laporan ini.

1. Perhatikan penamaan dari sheet yang ada.

2. Perhatikan format judul table dan header table, ada yang bold dan hurufnya

lebih besar.

3. Perhatikan warna latar dari setiap baris atau kolom (pilihan warna tidak

harus sama persis).

4. Perhatikan posisi horizontal text pada cell, ada yang rata kiri, rata kanan,

atau rata tengah.

5. Perhatikan posisi vertical text pada cell, semuanya rata tengah.

6. Perhatikan tampilan garis cell.

7. Perhatikan angka yang ditampilkan memiliki pemisah ribuan.

8. Perhatikan baris atau kolom yang terkunci ketika halaman di-scroll ke

bawah maupun ke samping.

9. Perhatikan lebar maupun tinggi cell.

Bab 6 Analisis Data 189

Gunakan data sesuai contoh hasil aktivitas yang ada.

NOTES: diberi warna untuk memudahkan tampilan, bedakan dengan tabel

yang warna latarnya putih semua.

Sheet 1 – Laporan Pintu Udara

Hasil jadi sheet 1:

Apabila


Apabila halaman di-scroll ke bawah maupun ke samping, hasilnya akan seperti

ini:


Perhatikan posisi cell yang terkunci.
Sheet 2 – Laporan Pintu Laut
Hasil jadi sheet 2:
Apabila halaman di-scroll ke bawah maupun ke samping, hasilnya akan seperti
ini:
Perhatikan posisi cell yang terkunci.
Sheet 3 – Laporan Pintu Darat
Hasil jadi sheet 3:
Apabila halaman di-scroll ke bawah maupun ke samping, hasilnya akan seperti
ini:

Kasus Analisis Data
Dalam rangka membantu desa di Gunung Kidul yang dilanda kekeringan,
sebagai ketua OSIS, Andi dan pengurus OSIS yang lainnya sepakat untuk
memberikan donasi. Para pengurus OSIS sepakat untuk tidak memberikan
batasan terkait jumlah donasi yang diberikan. Mereka memberikan tenggang
waktu pengumpulan donasi selama 3 pekan. Andi menugaskan para ketua
kelas untuk mengumpulkan donasi dari siswa-siswi di kelasnya.
Apabila kalian sebagai ketua kelas, kegiatan apa yang kalian lakukan
setelah mendapat tugas untuk mengumpulkan donasi? Misalnya, tahap
pengumpulan pertama yang dilakukan mungkin kalian akan mencatat siswa
yang memberi donasi sesuai tanggal penyampaian dan menuliskan besaran
donasi. Mungkin kalian juga menghitung jumlah donasi yang didapat agar
pada saat koordinasi dengan ketua angkatan, kalian dapat menyampaikan
jumlah yang mengumpulkan dan jumlah dana.
Tahukah kalian bahwa menyajikan informasi itu diawali dari mengumpulkan,
menjumlahkan, dan kadang perlu menghitung kemunculan data. Menganalisis
data dapat awali dengan merekap data dalam sebuah Worksheet. Pada
saat merekap, kalian perlu mempertimbangkan terkait teknik menyajikan
ke dalam tabel. Pada saat pengumpulan data, terdapat nomor yang gunanya
untuk menunjukkan urutan, tanggal donasi yang gunanya untuk merekap
waktu pengumpulan, nama pemberi donasi untuk mengetahui siswa yang
telah menyampaikan donasi, kemudian besar donasi berisi jumlah donasi yang
diberikan oleh siswa. Berikut ini adalah gambar untuk tabel pengumpulan
dana yang telah dilakukan Andi dan rekan-rekannya.
Setelah


Setelah dana dalam waktu tertentu terkumpul, kalian dapat menghitung
jumlah data yang terkumpul, menghitung selisih dana yang telah terkumpul,
dan target penggalangan dana

Bagaimana dengan pekan ke-2 dan pekan ke-3? Kalian bisa menjumlahkan
secara bersama-sama dengan cara menarik ke kanan ke pekan ke-2 dan ke-3
tanda + pada kolom D13 tanda ini berada di sudut kiri bawah. Selain itu, jika
ingin mengetahui jumlah dana secara keseluruhan, dapat dilakukan dengan
2 cara. Cobalah cara berikut.
1. Jumlahkan dengan menggunakan fungsi SUM untuk kolom jumlah.
Berapakah hasilnya?
2. Jumlahkan pendapatan per pekan. Berapakah hasilnya?
3. Saatnya kita melakukan uji coba apakah penjumlahan yang kalian lakukan
tadi hasilnya 100%?
4. Selanjutnya, berapakah perbandingan data, jumlah data, dengan target
data?
Setelah mempelajari materi ini, renungkan dan tuliskan pada lembar kertas
(disarankan catatan menggunakan kertas lepasan atau loose leaf ).
1. Apa pendapat kalian tentang pengolahan data? Apakah penting untuk
melakukannya?
2. Menurut kalian, lebih informatif mana, tampilan data awal atau sesudah
diformat?
3. Dalam pelajaran IPA kalian sering melakukan percobaan-percobaan dan
mencatat datanya. Apakah kalian hanya mencatat saja, atau pernahkah
kalian melakukan analisis dan Interpretasi data?
4. Fungsi dasar apa yang paling mudah dan yang paling sulit menurut kalian?
Jelaskan mengapa!
5. Fungsi lanjutan apa yang paling mudah dan yang paling sulit menurut
kalian? Jelaskan mengapa!
6. Ceritakan pengalaman menarik kalian saat mengerjakan aktivitas!

Demikianlah  materi LATIHAN PRAKTEK kita tentang kasus Analisis data yang UNPLUGGED. 

Semoga bermanfaat...

Sumber : Maresha Wijanto, dkk.
buku SMP Kelas VII











Posting Komentar untuk "Kasus Analisis Data Unplugged (AK-AD-05)"