Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alur Tujuan Pembelajaran Informatika Fase D

 



ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran

: Informatika

Kelas/Semester

: VII/2

Satuan Pendidikan

: SMP Fase D

 

Capain pembelajaran

Materi Pokok/Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran

Tujuan  pembelajaran

Penilaian

Waktu

Profil pancalila

   Mengakses, mengolah, dan menganalisa data secara efisien, terstruktur, dan sistematis untuk menginterpretasi dan memprediksi sekumpulan data dari suatu konkret sehari-hari dengan menggunakan perkakas TIK atau manual

Analisis Data

     Mengenal data

     Perangkat lunak pengolah angka(spreadsheet)

     Menggunakan Microsoft Exel 2010

     Pegolahan data

     Pengolahan data lanjutan

Mengamati

     Mengamati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan analisis data

Menanya

     Merumuskan pertayaan tentang analisis data

Mengumpulkan informasi

     Mengumpulkan informasi tentang analisis data

Mengkomunikasikan

     Mempresentasikan hasil analisis tentang analisis data

   Mengenal dan memahami data

   Menganalisis data dengan baik dan benar

   Memahami mengunkankan aplikasi pengolah angka

   Mengolah data-data mengunakan aplikasi pengolah angka

Sikap

     Observasi

Pengetahuan

     Penugasan(tugas terstruktur/tugas mandiri/tugas tertulis)

Keterampilan

     Portofolio

     Proyek

8x40

     Bergotong royong

     Bernalar kritis

     kreatif

                                                                                                                                                         

Capain pembelajaran

Materi Pokok/Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran

Tujuan  pembelajaran

Penilaian

Waktu

Profil pancalila

     Mengenali objek-objek dan memahami perintah atau instruksi dalam sebuah lingkungan pemrograman blok/visual untuk mengembangkan program visual sederhana berdasarkan contoh-contoh yang diberikan dan mengembangkan karya digital  kreatif (permainan, animasi, atau mengenal pemrograman tekstual sederhana

Algoritma dan pemrograman

     Belajar pemrograman

     Bahasa pemrograman Scratch

     Eksplorasi fungsi dasar scratch

     Pegolahan data

     Robot manual

Mengamati

     Mengamati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan algoritma dan pemrograman

Menanya

     Merumuskan pertayaan tentang algoritma dan pemrograman

Mengumpulkan informasi

     Mengumpulkan informasi tentang  algoritma dan pemrograman

Menalar/mengasosiasi

     Menganalisis dan menyimpulkan tentang  algoritma dan pemrograman

   Memahami dan membuat program dengan scratch

   Melakukan eksplorasi fungsi dasar pemrograman scratch

   Membuat robot manual sederhana

Sikap

     Observasi

Pengetahuan

     Penugasan(tugas terstruktur/tugas mandiri/tugas tertulis)

Keterampilan

     Portofolio

     Proyek

8x40

     Bernalar kritis

     kreatif

 

Capain pembelajaran

Materi Pokok/Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran

Tujuan  pembelajaran

Penilaian

Waktu

Profil pancalila

     Menyadari keberadaan dunia digital disekitarnya, serta memahami kterbukaan informasi, memilih informasi yang bersifat public atau privasi, menjaga keamanan dirinya sendiri dalam masyarakat digital

Dampak social informatika

     Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi

     Kolaborasi dunia maya

     Eksplorasi fungsi dasar scratch

     Media sosial

     Informasi pribadi dan hubungan privasi.

Mengamati

     Mengamati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan dampak sosial informatika

Menanya

     Merumuskan pertayaan tentang  dampak sosial informatika

Mengumpulkan informasi

     Mengumpulkan informasi tentang   dampak sosial informatika

Menalar/mengasosiasi

     Menganalisis dan menyimpulkan tentang   dampak sosial informatika

Mengomunikasikan

     Mempresentasikan hasil analisis tentang dampak sosial informatika

   Memahami perkembangan teknologi informasi dan komunikasi

   Memahamidan melakukan kolaborasi dunia maya

   Memahami informasi pribadi dan hokum privasi yang mengaturnya.

Sikap

     Observasi

Pengetahuan

     Penugasan(tugas terstruktur/tugas mandiri/tugas tertulis)

Keterampilan

     Portofolio

     Proyek

8x40

     Berkebinekaan global

 

Capain pembelajaran

Materi Pokok/Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran

Tujuan  pembelajaran

Penilaian

Waktu

Profil pancalila

      Bergotong royong untuk mengidentifikasi persoalan, merancang,mengimplementasikan, menguji, dan menyempurnakan artefak komputasional yang merupakan solusi dari persoalan tersebut serta mengkomunikasikan secara lisan maupun tertulis produk dan proses pengembangan solusinya dalam bentuk karya kreatif yang menyenangkan

Praktik lintas bidang informatika

      Pengembangan artefak komputasional

      Aktivitas unplugged: bermain stategi

Mengamati

      Mengamati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan praktik lintas bidang informatika

Menanya

      Merumuskan pertayaan tentang  praktik lintas bidang informatika

Mengumpulkan informasi

      Mengumpulkan informasi tentang   praktik lintas bidang informatika

Menalar/mengasosiasi

      Menganalisis dan menyimpulkan tentang   praktik lintas bidang informatika

Mengkomunikasikan

      Mempresentasikan hasil analisis tentang praktik lintas bidang informatika

    Memahami dan mengembangkan artefak komputasional

    Mengenal dan memahami penggunaan alat Mekey-mekey

    Melakukan pengujian terhadap alat/produk yang dibuat

Sikap

      Observasi

Pengetahuan

      Penugasan(tugas terstruktur/tugas mandiri/tugas tertulis)

Keterampilan

      Portofolio

      Proyek

8x40

      Bergotong royong

      Bernalar kritis

      kreatif


Posting Komentar untuk "Alur Tujuan Pembelajaran Informatika Fase D"