Alur Tujuan Pembelajaran Informatika Fase D
ALUR
TUJUAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran |
: Informatika |
Kelas/Semester |
: VII/2 |
Satuan Pendidikan |
: SMP Fase D |
Capain pembelajaran |
Materi Pokok/Pembelajaran |
Kegiatan pembelajaran |
Tujuan pembelajaran |
Penilaian |
Waktu |
Profil pancalila |
−
Mengakses,
mengolah, dan menganalisa data secara efisien, terstruktur, dan sistematis
untuk menginterpretasi dan memprediksi sekumpulan data dari suatu konkret sehari-hari
dengan menggunakan perkakas TIK atau manual |
Analisis
Data − Mengenal data − Perangkat lunak pengolah
angka(spreadsheet) − Menggunakan Microsoft Exel 2010 − Pegolahan data − Pengolahan data lanjutan |
Mengamati
−
Mengamati
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan analisis data Menanya
−
Merumuskan
pertayaan tentang analisis data Mengumpulkan
informasi −
Mengumpulkan
informasi tentang analisis data Mengkomunikasikan −
Mempresentasikan
hasil analisis tentang analisis data |
− Mengenal dan memahami data − Menganalisis data dengan baik dan
benar − Memahami mengunkankan aplikasi
pengolah angka − Mengolah data-data mengunakan
aplikasi pengolah angka |
Sikap
−
Observasi Pengetahuan −
Penugasan(tugas
terstruktur/tugas mandiri/tugas tertulis) Keterampilan −
Portofolio −
Proyek
|
8x40 |
−
Bergotong
royong −
Bernalar
kritis −
kreatif |
Capain pembelajaran |
Materi Pokok/Pembelajaran |
Kegiatan pembelajaran |
Tujuan pembelajaran |
Penilaian |
Waktu |
Profil pancalila |
−
Mengenali
objek-objek dan memahami perintah atau instruksi dalam sebuah lingkungan
pemrograman blok/visual untuk mengembangkan program visual sederhana
berdasarkan contoh-contoh yang diberikan dan mengembangkan karya digital kreatif (permainan, animasi, atau mengenal
pemrograman tekstual sederhana |
Algoritma
dan pemrograman − Belajar pemrograman − Bahasa pemrograman Scratch − Eksplorasi fungsi dasar scratch − Pegolahan data − Robot manual |
Mengamati
−
Mengamati
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan algoritma dan pemrograman Menanya
−
Merumuskan
pertayaan tentang algoritma dan pemrograman Mengumpulkan
informasi −
Mengumpulkan
informasi tentang algoritma dan
pemrograman Menalar/mengasosiasi −
Menganalisis
dan menyimpulkan tentang algoritma dan
pemrograman |
− Memahami dan membuat program dengan
scratch − Melakukan eksplorasi fungsi dasar
pemrograman scratch − Membuat robot manual sederhana |
Sikap
−
Observasi Pengetahuan −
Penugasan(tugas
terstruktur/tugas mandiri/tugas tertulis) Keterampilan −
Portofolio −
Proyek
|
8x40 |
−
Bernalar
kritis −
kreatif |
Capain pembelajaran |
Materi Pokok/Pembelajaran |
Kegiatan pembelajaran |
Tujuan pembelajaran |
Penilaian |
Waktu |
Profil pancalila |
−
Menyadari
keberadaan dunia digital disekitarnya, serta memahami kterbukaan informasi,
memilih informasi yang bersifat public atau privasi, menjaga keamanan dirinya
sendiri dalam masyarakat digital |
Dampak
social informatika − Perkembangan teknologi informasi dan
komunikasi − Kolaborasi dunia maya − Eksplorasi fungsi dasar scratch − Media sosial − Informasi pribadi dan hubungan
privasi. |
Mengamati
−
Mengamati
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan dampak sosial informatika Menanya
−
Merumuskan
pertayaan tentang dampak sosial
informatika Mengumpulkan
informasi −
Mengumpulkan
informasi tentang dampak sosial informatika Menalar/mengasosiasi −
Menganalisis
dan menyimpulkan tentang dampak sosial informatika Mengomunikasikan −
Mempresentasikan
hasil analisis tentang dampak sosial informatika |
− Memahami perkembangan teknologi
informasi dan komunikasi − Memahamidan melakukan kolaborasi
dunia maya − Memahami informasi pribadi dan hokum
privasi yang mengaturnya. |
Sikap
−
Observasi Pengetahuan −
Penugasan(tugas
terstruktur/tugas mandiri/tugas tertulis) Keterampilan −
Portofolio −
Proyek
|
8x40 |
−
Berkebinekaan
global |
Capain pembelajaran |
Materi
Pokok/Pembelajaran |
Kegiatan
pembelajaran |
Tujuan pembelajaran |
Penilaian |
Waktu |
Profil pancalila |
−
Bergotong royong untuk mengidentifikasi persoalan,
merancang,mengimplementasikan, menguji, dan menyempurnakan artefak
komputasional yang merupakan solusi dari persoalan tersebut serta
mengkomunikasikan secara lisan maupun tertulis produk dan proses pengembangan
solusinya dalam bentuk karya kreatif yang menyenangkan |
Praktik lintas bidang informatika −
Pengembangan artefak komputasional −
Aktivitas unplugged: bermain stategi |
Mengamati −
Mengamati permasalahan sehari-hari yang berkaitan
dengan praktik lintas bidang informatika Menanya −
Merumuskan pertayaan tentang praktik lintas bidang informatika Mengumpulkan informasi −
Mengumpulkan informasi tentang praktik lintas bidang informatika Menalar/mengasosiasi −
Menganalisis dan menyimpulkan tentang praktik lintas bidang informatika Mengkomunikasikan
−
Mempresentasikan hasil analisis tentang praktik lintas
bidang informatika |
−
Memahami dan mengembangkan artefak komputasional −
Mengenal dan memahami penggunaan alat Mekey-mekey −
Melakukan pengujian terhadap alat/produk yang dibuat |
Sikap −
Observasi Pengetahuan −
Penugasan(tugas terstruktur/tugas mandiri/tugas
tertulis) Keterampilan −
Portofolio −
Proyek |
8x40 |
−
Bergotong royong −
Bernalar kritis −
kreatif |
Posting Komentar untuk "Alur Tujuan Pembelajaran Informatika Fase D"
Jangan nge spam yah