Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Program Tahunan

 


Program Tahunan

Mata Pelajaran

: Informatika

Kelas

: VII/2

Satuan Pendidikan

: SMP Fase D

 

Semester

No

Materi Poko/Capainan pembelajaran

Alokasi

waktu

Keterangan

1

1.

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

 

 

Informatika dan keterampilan generic

     Memahami Pentingnya informatika dan keterampilan generic(generic skill) untuk kolaborasi, merencanakan pekerjaan, dan mengomunikasikan hasil pekerjaan dengan efektif dan menarik

Berfikir Komputasional

     Menerapkan berfikir komputasional untuk menghasilkan beberapa solusi dari persoalan dengan data diskrit bervolume kecil serta mendisposisikan berfikir komputasional dalam bidang lain terutama dalam literasi, numerasi, dan literasi sain (computationally literate)

Teknologi informasi dan komunikasi

     Memanfaatkan aplikasi surel dalam berkomunikasi, aplikasi perambahan dalam pencarian informasi diinternet dan memanfaatkan perkakas TIK untuk mendukung pembuatan laporan, presensi, serta analisis dan interpretasi data.

Sistem Komputer

     Mendeskripsikan komponen, fungsi, dan cara kerja computer yang membentuk sebuah system komputasi, serta menjelaskan proses dan penggunaan kodifikasi untuk penyimpanan data dalam memori computer.

Jaringan computer dan internet

     Memahami konektivitas jaringan local, komunikasi data via ponsel, konektivitas internet melalui jaringan kabel (wifi dan Internet)

4 JP

 

 

 

 

 

 

8 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10JP

 

 

 

 

 

 

 

 

8JP

 

 

 

 

 

 

 

8JP

 

 

 

Jumlah

36 JP

 

 

2

 

6.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8.

 

 

 

 

 

9.

 

 

 

 

Analisis Data

     Mengakses, mengolah, dan mengelola serta menganalisis data secara efisien, terstruktur, dan sistematis untuk menginterpretasi dan memprediksi sekumpulan data dari situasi konkret sehari-hari dengan mengunakan perkakas TIK atau manual

Algoritma Dan Pemrograman

     Mengenali objek-objek dan memahami perintah atau intruksi dalam sebuah lingkungan pemrograman blok/visual untuk mengembangkan program visual sederhana berdasarkan contoh-contoh yang berikan dan mengembangkan karya digital kreatif (permainan, animasi, atau presentasi), serta mengenal pemrograman tekstual sederhana.

Dampak social informatika

     Menyadari keberadaan dunia digital dan sekitar, ketersediaan data dan informasi yang bersifat public atau privat menjaga keamanan dirinya sendiri dalam masyarakat digital.

Praktik Lintas bidang informatika

     Bergotong royong untuk mengidentifikasi persoalan, merancang, mengimplementasi, menguji, dan menyempurnakan artefak komputasional yang merupakan solusi dari persoalan tersebut, serta mengkomunikasikan secara lisan maupun tertulis produk dan proses pengembangan solusinya dalam bentuk karya kreatif yang menyenangkan.

 

8JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8JP

 

 

 

Jumlah

32JP

 

Posting Komentar untuk "Program Tahunan"