Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengembangan Artefak Komputasional (AK-LB-01)

 


Pengembangan Artefak Komputasional 

Artefak Komputasional adalah objek yang diciptakan sebagai hasil berpikir komputasional. Objek ini dapat berupa: kode program, aplikasi, situs web, foto/gambar, audio, video, presentasi, dan lainnya. Artefak komputasional dikembangkan melalui proses kreatif menggunakan perkakas dan teknik komputasi untuk menyelesaikan masalah tertentu. Proses pengembangan artefak komputasional melalui proses iteratif yang mereleksikan ide dan kreatiitas penciptanya untuk membuat sesuatu menjadi lebih efektif, eisien, indah, menarik, dan lainnya. Pengembangan mesin hitung di kasir pasar swalayan misalnya, akan membuat pencatatan transaksi pembelian lebih efektif dan eisien. Pembuatan animasi yang indah akan membuat penontonnya tidak beranjak dari kursi penonton. Pengembangan artefak komputasional dibantu dengan penggunaan tools pengembangan, seperti software integrated development tools (IDE), aplikasi video editing, Aplikasi Perkantoran, 3D drawing dan printing, dan lainnya. Salah satu tools pengembangan artefak komputasional yang dipakai dalam modul ini adalah: papan sirkuit Makey Makey dan bahasa pemrograman Scratch. Artefak komputasional dapat dikembangkan bersama-sama dengan semangat gotong royong dengan menggunakan tools kolaborasi seperti Google Drive, Google Docs, Oice 365, GitHub, dan lainnya. Pengembangan secara kolaborasi membutuhkan komunikasi dalam grup yang efektif. Contoh artefak komputasional adalah: inovasi Komputasi yang tampak secara isik  seperti robot, drone, dan mobil otonom; inovasi nonisik seperti perangkat lunak aplikasi seperti TikTok, Twitter, Tokopedia, Gojek dan lainnya; serta konsep seperti e-Commerce, tele-medicine, dan lainnya. Salah satu perkakas pengembangan artefak komputasional yang akan digunakan pada aktivitas  di sini adalah Makey Makey.

1. Starter Makey Makey: Bermain dengan Alat

Makey Makey adalah papan sirkuit elektronis yang ditemukan oleh Eric Rosenbum dan Jay Silver. Eric dan Jay menciptakan Makey Makey karena mereka percaya bahwa setiap orang pada hakekatnya kreatif, inovatif, dan imajinatif serta dapat menciptakan masa depan dan mengubah dunia. Segala sesuatu di sekitar kita dapat digunakan untuk mencipta. Nama makey sendiri diambil dari kata “make” (membuat) dan “key” (kunci/tombol) ”Make anythink into keyboard”. Makey Makey sendiri adalah papan sirkuit yang dapat dihubungkan ke komputer dan dapat berfungsi seperti keyboard. Kita dapat membuat alat masukan ke komputer dari benda-benda di sekitar kita yang bersifat konduktor. Konduktor merupakan sifat benda yang dapat mengantarkan arus listrik baik itu secara kuat atau lemah. Jadi, segala macam benda di sekitar kita, jika dapat menghantar listrik, dapat berguna sebagai alat masukan ke komputer seperti layaknya sebuah keyboard. Dengan benda ini, kita dapat bermain game menggunakan buah-buahan seperti pisang, tomat, dan apel untuk bermain piano, daun basah untuk bermain game dan masih banyak benda lainnya yang akan kita temukan.

SOAL LATIHAN

1. Apa yang dimaksud dengan pengembangan artefak komputasional?

Jawaban: Pengembangan artefak komputasional adalah proses pembuatan dan pengembangan suatu produk atau artefak yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk memecahkan suatu masalah atau memenuhi suatu kebutuhan. Artefak tersebut dapat berupa program komputer, aplikasi web, aplikasi mobile, atau produk teknologi lainnya.

2. Apa yang menjadi tujuan dari pengembangan artefak komputasional?

Jawaban: Tujuan dari pengembangan artefak komputasional adalah untuk memberikan solusi terhadap masalah atau memenuhi kebutuhan yang dihadapi oleh pengguna atau organisasi tertentu. Artefak komputasional yang dikembangkan harus dapat mempermudah tugas-tugas yang rumit, mempercepat proses kerja, dan meningkatkan produktivitas pengguna.

3. Apa saja langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam pengembangan artefak komputasional?

Jawaban: Langkah-langkah dalam pengembangan artefak komputasional meliputi:

3. Analisis kebutuhan dan permasalahan

Perancangan dan perencanaan

Implementasi

Pengujian dan evaluasi

Penyempurnaan dan perbaikan

4. Apa yang menjadi kunci sukses dalam pengembangan artefak komputasional?

Jawaban: Kunci sukses dalam pengembangan artefak komputasional adalah memahami kebutuhan pengguna dan organisasi dengan baik. Selain itu, pengembang harus memiliki kompetensi dan keterampilan yang memadai dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi serta dapat memanfaatkan metodologi pengembangan perangkat lunak yang tepat.

5. Bagaimana pengaruh pengembangan artefak komputasional terhadap kehidupan sehari-hari?

Jawaban: Pengembangan artefak komputasional memberikan dampak yang signifikan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya, aplikasi mobile mempermudah akses informasi dan mempercepat proses komunikasi. Program komputer dapat membantu dalam pengolahan data, analisis data, dan pembuatan laporan. Selain itu, pengembangan artefak komputasional juga berkontribusi dalam peningkatan efisiensi dan efektivitas kerja, serta meningkatkan kualitas produk dan layanan yang ditawarkan oleh suatu organisasi.

Demikian materi kita, pada pertemuan AK-LB-02 yaitu proyek lintas bidang dapat dilihat di materi aktivitas proyek ak-lb-02. semoga bermanfaat..



Posting Komentar untuk "Pengembangan Artefak Komputasional (AK-LB-01)"